Prototipe iPhone 15 Pro Max Bocor ke Publik, Awalnya Ada Tombol Taptic
iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. [Apple.com]
17:48
11 Juli 2024

Prototipe iPhone 15 Pro Max Bocor ke Publik, Awalnya Ada Tombol Taptic

iPhone 15 Pro series sudah meluncur ke pasar global pada September 2023. Sebelum rilis, iPhone 15 Pro Max awalnya dibekali dengan tombol khusus.

Meski begitu, perusahaan memilih untuk menghilangkan tombol khusus karena masalah teknis. Hal tersebut terungkap usai prototipe iPhone 15 Pro Max terungkap ke publik.

iPhone 15 Pro series awalnya direncanakan akan hadir di pasaran dengan tombol Taptic yang inovatif. Meski akhirnya menghilang pada iPhone 15 Pro, tombol Taptic diharapkan hadir pada model iPhone teranyar.

Foto prototipe EVT memperlihatkan seperti apa tampilan tombol peka tekanan ini. Dikutip dari Apple Insider, iPhone 16 kabarnya akan mengemas tombol Taptic Action.

Baca Juga: Daftar Harga iPhone Juli 2024, Cek Apa Saja yang Turun

Tombol Taptic dimaksudkan agar peka terhadap sentuhan, mirip dengan tombol Home pada iPhone SE. Alih-alih hanya ditekan seperti sebelumnya, pengguna akan menerima umpan balik dari motor getar saat tombol ditekan.

Tombol Taptic pada iPhone 15 Pro series. (Apple Insider)Tombol Taptic pada iPhone 15 Pro series. (Apple Insider)

Keuntungannya adalah tombol Taptic dirancang untuk mengenali seberapa kuat tombol tersebut ditekan, sehingga memungkinkan berbagai fungsi dilakukan dengan tombol yang sama.

Misalnya, iPhone dapat langsung dimatikan saat tombol volume bawah ditekan sedikit lebih keras.

Apple Insider berhasil mendapatkan prototipe EVT dari iPhone 15 Pro Max, yang merupakan salah satu prototipe terakhir dengan tombol Taptic sebelum dihentikan produksinya pada April 2023.

Perlu diketahui, terdapat dua perbedaan utama dengan iPhone 15 Pro Max terakhir. Di satu sisi, tombol Action dibuat sedikit lebih besar dan membulat. Sementara di sisi lain, tombol volume pada prototipe dirancang sebagai tombol putar, mirip dengan iPhone generasi pertama.

Baca Juga: Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di iPhone

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #prototipe #iphone #bocor #publik #awalnya #tombol #taptic

KOMENTAR