Apple Akhirnya Izinkan Epic Games, iPhone Bisa Main Fortnite?
Fortnite. [amrothman/Pixabay]
09:16
10 Juli 2024

Apple Akhirnya Izinkan Epic Games, iPhone Bisa Main Fortnite?

Apple akhirnya mengizinkan Epic Games untuk meluncurkan toko aplikasinya di sistem operasi iOS setelah gugatan hukum panjang dan dramatis. Kebijakan ini berlaku untuk pengguna iPhone di Eropa.

Kebijakan ini bermula dari aturan baru Digital Markets Act (DMA atau Undang-Undang Pasar Digital) Uni Eropa untuk mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga buatan non-Apple.

Perusahaan pengembang permainan ini kemudian mengajukan Epic Games Store versi iOS. Artinya, pengguna iPhone berpeluang bisa main game Fortnite yang selama ini diblokir Apple.

Hanya saja perjalanan itu tak mudah. Sebab Apple sempat menolak dua kali dengan alasan persamaan pada tombol-tombol yang ada di aplikasi Epic Games.

Baca Juga: Daftar Harga iPhone Juli 2024, Cek Apa Saja yang Turun

Epic pun sempat memberikan perlawanan dengan menyampaikan keluhannya di media sosial X atau Twitter.

"Apple telah menolak pengajuan notaris Epic Games Store kami dua kali. Penolakan Apple bersifat sewenang-wenang, menghalangi dan melanggar DMA, dan kami telah menyampaikan kekhawatiran kami kepada Komisi Eropa," kata Epic Games, dikutip dari Lifestyle Asia, Selasa (9/7/2024).

Banding ini pun berhasil. Tak lama setelahnya, Epic mengumumkan kalau pengajuan aplikasi mereka sudah diterima.

Kendati begitu izin tersebut hanya bersifat sementara. Namun CEO Epic Games Tim Sweeney menegaskan mereka tetap melawan Apple.

Diketahui kisruh Apple vs Epic Games sudah berlangsung sejak 2020 lalu. Epic merasa keberatan dengan biaya potongan 30 persen kepada App Store untuk pembelian dalam aplikasi.

Baca Juga: Penyebab iPhone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Epic Games kemudian melayangkan gugatan pertama di California, Amerika Serikat. Apple pun memenangkan gugatan itu, namun beda ceritanya saat dilakukan di Eropa.

Uni Eropa sendiri menerapkan kebijakan anti monopoli, yang kemudian berlaku juga ke Apple. Walhasil mereka mengizinkan toko aplikasi Epic Games Store ke iPhone.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #apple #akhirnya #izinkan #epic #games #iphone #bisa #main #fortnite

KOMENTAR