Fitur AI Samsung Galaxy S24 Belum Ada Bahasa Indonesia, Kapan Rilis?
Samsung Galaxy S24, Galaxy S24+, dan Galaxy S24 Ultra resmi dikenalkan ke Indonesia pada Kamis (18/1/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]
16:32
18 Januari 2024

Fitur AI Samsung Galaxy S24 Belum Ada Bahasa Indonesia, Kapan Rilis?

Samsung Galaxy S24 series baru saja diluncurkan ke Indonesia. Ponsel ini membawa beberapa fitur teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang diberi nama Galaxy AI

Salah satu fitur AI yang tersedia di Samsung Galaxy S24 series itu adalah Live Translate yang memungkinkan panggilan telepon bisa langsung diterjemahkan ke bahasa yang diinginkan. Sayang fitur ini belum mendukung bahasa Indonesia. 

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, menjelaskan, fitur AI ini memang baru tersedia dalam 13 bahasa. 

"Bahasanya yakni Chinese (simplified), English, French, German, Hindi, Italian, Japanese, Korean, Polish, Portuguese, Spanish, Thai, and Vietnamese," kata Verry dalam acara Hands on Samsung Galaxy S24 di Jakarta, Kamis (18/1/2024). 

Kendati begitu dia memastikan kalau bahasa Indonesia akan segera hadir di kuartal dua atau Q2 2024.

"Bahasa Indonesia akan hadir di Q2 2024. Jadi ketika ngomong dalam bahasa Indonesia, nanti akan di-translate ke Korea," ucapnya. 

Verry sendiri memperlihatkan cara kerja Live Translate di Samsung Galaxy S24. Ia menelepon seseorang di restoran Korea untuk memesan makanan. 

Verry berbicara dengan bahasa Inggris. Tapi di layar yang terhubung dengan ponsel Galaxy S24, fitur itu langsung menerjemahkan omongannya ke dalam bahasa Korea. 

Sebaliknya, begitu lawan bicara Verry berbicara bahasa Korea, Samsung Galaxy S24 langsung menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris. 

Sekadar informasi, Live Translate adalah fitur penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional. 

Pengguna tak perlu download aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya, ditambah lagi dengan on-device AI mampu menjaga percakapan tetap sepenuhnya aman. 

Dengan Interpreter, percakapan langsung bisa diterjemahkan secara instan via tampilan split-screen pada perangkat. 

Jadi, saat saling berhadapan dengan lawan bicara, kita bisa seketika membaca hasil transkripsi dari apa yang mereka katakan. Fungsi ini pun bisa digunakan tanpa koneksi data seluler maupun Wi-Fi.

Lalu ada Chat Assist yang membantu pengguna memperbaiki nada bicara di dalam teks untuk memastikan tiap pesan terdengar seperti yang kita maksud, baik saat mengirim chat ke rekan kerja ataupun ketika membuat konten di media sosial. 

Pengguna pun bisa menerjemahkan pesan, email, dan teks lain secara real-time ke dalam 13 bahasa berkat AI yang terintegrasi di Samsung Keyboard. 

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #fitur #samsung #galaxy #belum #bahasa #indonesia #kapan #rilis

KOMENTAR