Menkominfo Target Perbaikan Serangan Ransomware Pusat Data Nasional Selesai Agustus 2024
Ketua Umum Projo Budi Arie saat ditemui awak media di Istana Kepresidenan Jakarta. (Suara.com/Novian)
09:08
28 Juni 2024

Menkominfo Target Perbaikan Serangan Ransomware Pusat Data Nasional Selesai Agustus 2024

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi menargetkan perbaikan Pusat Data Nasional Sementara 2 akibat serangan ransomware selesai Agustus 2024 alias tiga bulan setelah insiden.

Dalam rapat bersama DPR RI, Menkominfo mengungkapkan pemulihan layanan PDNS 2 Surabaya diselesaikan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. 

Untuk jangka pendek, pemulihan layanan yang sudah dicadangkan (backup) dilakukan oleh Kominfo, Kerja Sams Operasi (KSO) PDNS, Badan Siber dan Sandi Negara (BNS), hingga para Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D).

"Pemulihan layanan yang memiliki backup ini dilakukan oleh Kominfo, KSO PDNS, BSSN, K/L/D, diharapkan akhir bulan Juli sudah selesai, itu jangka pendek," kata Budi Arie yang dipantau secara virtual dari kanal YouTube, Kamis (27/6/2024).

Baca Juga: Usul Pemerintah Bentuk Satgas Usai PDN Diretas, Legislator PKS: Ini Persoalan Sangat Serius Sekali

Kemudian untuk pemulihan layanan jangka menengah, Budi Arie menargetkan itu bisa selesai dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan atau tiga bulan sejak insiden. 

"Jadi full recovery layanan PDNS 2 KSO itu termasuk tindak lanjut rekomendasi hasil forensik diharapkan pertengahan Agustus 2024 sudah bisa dituntaskan," paparnya.

Untuk membangun kembali (redeploy) layanan tenant, Menkominfo mengatakan selesai minggu ketiga Agustus 2024. Sementara perbaikan Standar Operasional Prosedur (SPO) dilakukan pekan kedua Agustus 2024.

Lalu evaluasi tata kelola PDNS dilaksanakan minggu kedua Agustus 2024. Budi Arie menyebut semua ini melibatkan seluruh stakeholder yang ada.

Sementara untuk perbaikan jangka panjang, Budi Arie menjelaskan kalau itu dilakukan lebih dari tiga bulan sejak insiden. Saat itu mereka bakal melakukan audit PDNS 1 dan 2 oleh pihak ketiga yang independen.

Baca Juga: Budi Arie Setiadi

"Di mana target minggu ke-4 September semua audit sistem keamanan PDNS kami bisa tuntaskan," imbuhnya.

Terakhir, mereka bakal menjalankan implementasi hasil audit yang diharapkan selesai pada akhir November 2024.

"Selanjutnya adalah implementasi hasil audit diharapkan selesai di akhir November 2024," jelasnya. 

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #menkominfo #target #perbaikan #serangan #ransomware #pusat #data #nasional #selesai #agustus #2024

KOMENTAR