Terungkap! Misteri iPhone Berhenti Ngecas di 80 Persen
Ilustrasi iPhone yang sedang diisi daya. [Unsplash/Lasse Jensen]
14:40
21 Juni 2024

Terungkap! Misteri iPhone Berhenti Ngecas di 80 Persen

Jika iPhone pengguna berhenti mengisi daya hingga 80 persen, masalah tersebut juga dialami oleh sebagian besar pengguna lainnya. Namun, rupanya ada alasan mengapa iPhone berhenti ngecas hanya sampai 80 persen.

Alasan utama iPhone berhenti mengisi daya hingga 80 persen adalah fitur yang disebut Optimised Battery Charging, yang diperkenalkan oleh Apple di iOS 13.

Fitur ini menggunakan pembelajaran mesin untuk mempelajari pola pengisian daya harian pengguna dan menunda pengisian daya melebihi 80 persen saat fitur ini memperkirakan iPhone akan disambungkan dalam waktu lama,. Pada dasarnya, fitur ini mengurangi penuaan baterai dan memperpanjang masa pakainya.

Ilustrasi iPhone. [Unsplash/Sara Kurfeß]Ilustrasi iPhone. [Unsplash/Sara Kurfeß]

Jika pengguna ingin iPhone terisi penuh hingga 100 persen, Anda dapat menonaktifkan Optimised Battery Charging. Berikut ini cara mengatasinya:

Baca Juga: 4 Alasan untuk Tidak Menginstal iOS 18 di iPhone

  • Buka Settings.
  • Pilih Battery.
  • Klik opsi Battery Health.
  • Kemudian matikan opsi Optimised Battery Charging.

Penyebab potensial lainnya iPhone berhenti pada 80 persen adalah panas berlebih. Jika baterai iPhone menjadi terlalu panas saat mengisi daya, hal ini dapat membatasi pengisian daya untuk mencegah kerusakan.

Jika pengguna mencurigai hal ini, cabut iPhone, biarkan hingga dingin, lalu lanjutkan pengisian daya.

Dalam beberapa kasus, pengisi daya atau kabel yang rusak bisa jadi penyebabnya. Coba isi daya iPhone dengan pengisi daya dan kabel lain untuk melihat apakah masalahnya masih berlanjut.

Jika tidak ada solusi yang berhasil, mungkin ada masalah perangkat keras pada baterai atau port pengisian daya iPhone. Dalam hal ini, sebaiknya hubungi Dukungan Apple atau kunjungi toko resmi untuk bantuan lebih lanjut.

Baca Juga: Cara Mudah Scan Dokumen di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #terungkap #misteri #iphone #berhenti #ngecas #persen

KOMENTAR