Stop Bingung! Begini Cara Cepat Cari File di HP Android
Ilustrasi HP Android. [Unsplash/Onur Binay]
09:48
21 Juni 2024

Stop Bingung! Begini Cara Cepat Cari File di HP Android

Saat ini, HP Android berfungsi mirip seperti komputer pribadi karena dapat menyimpan banyak hal. Oleh karena itu, pengguna mungkin bingung cara mencari file atau dokumen di dalam perangkat Android.

Biasanya, semakin banyak file yang dimiliki, semakin banyak waktu yang diperlukan untuk menemukannya. Setidaknya untuk saat ini, Android tidak memiliki fitur yang mencari file tersebut di seluruh perangkat.

Namun, hal itu seharusnya tidak menjadi masalah karena ada solusi yang membantu pengguna untuk mencari apa pun di perangkat Android. Berikut ini panduannya:

1. Cara menemukan file di perangkat Android apa pun

Baca Juga: 33 HP Xiaomi yang Kebagian HyperOS 2.0 Berbasis Android 15, Langsung Download!

Aplikasi berguna yang dapat digunakan untuk menemukan file apa pun di perangkat Android adalah Andro Search. Aplikasi ini gratis, tetapi jika pengguna ingin menghapus iklan dan menggunakan fitur tertentu, pengguna dapat meningkatkan ke Pro saat pertama kali menginstal aplikasi tersebut untuk memindai konten perangkat guna menemukan file yang dicari.

Pengguna akan melihat bilah pencarian di bagian atas tempat pengguna dapat mencari file berdasarkan nama, jenis ekstensi, dan bahkan nomor. Di bagian bawah, pengguna akan melihat file apa saja yang baru-baru ini diubah dan aplikasi apa pun yang diinstal.

Andro Search juga akan mencari file di Microsoft Word, Excel, dan OpenOffice, serta file PDF dan aplikasi lainnya. Saat aplikasi menemukan file tersebut, aplikasi akan menampilkan pratinjaunya. Setelah itu, cukup ketuk untuk membuka file.

Jika file yang pengguna buka adalah video, Andro Search akan meminta pengguna memutuskan aplikasi mana yang ingin digunakan untuk membukanya.

Di samping file, pengguna juga akan melihat menu drop-down yang memberi berbagai opsi tentang apa yang dapat pengguna lakukan dengan file tersebut.

Baca Juga: 5 HP POCO yang Menerima HyperOS 2.0 Berbasis Android 15, Cek Punyamu!

Ilustrasi HP Android. [Pexels]Ilustrasi HP Android. [Pexels]

2. Temukan file di perangkat Android dengan Jet File Search

Jika opsi pertama tidak meyakinkan, pengguna selalu dapat mencoba File Jet Search App. Di halaman utama aplikasi, pengguna akan melihat semua file dibagi ke dalam kategori berbeda seperti terbaru, unduhan, audio, hingga foto.

Untuk mencari file, ketuk ikon pencarian di kanan atas dan jelajahi. Saat pengguna mengetikkan nama file, aplikasi tidak akan menampilkan pratinjau seperti aplikasi sebelumnya, tetapi setidaknya pengguna akan melihat nama file.

Pengguna harus mengetuk ikon pencarian di keyboard untuk memunculkan opsi pencarian.

Pengguna juga dapat mengubah cara aplikasi mengurutkan file berdasarkan waktu, jenis, ukuran, dan urutan abjad.

Itulah cara mudah untuk menemukan apa pun dengan cepat di perangkat Android.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #stop #bingung #begini #cara #cepat #cari #file #android

KOMENTAR