Review Redmi 13: Xiaomi Punya Standar Baru untuk HP Murah
Xiaomi meluncurkan Redmi 13 di Indonesia pada Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]
08:56
20 Juni 2024

Review Redmi 13: Xiaomi Punya Standar Baru untuk HP Murah

Xiaomi baru saja memperkenalkan Redmi 13 ke pasar Indonesia. Ini adalah HP murah kelas entry-level dari Xiaomi yang dijual dengan harga Rp 2 jutaan.

Saat diluncurkan pada 5 Juni 2024 lalu, Redmi 13 hadir dengan opsi penyimpanan 8/128GB atau 8/256GB dengan varian warna Black, Blue, atau Gold.

Suara.com berkesempatan mencoba review HP Xiaomi Redmi 13 varian warna Black dengan opsi penyimpanan 8/256GB sekitar dua minggu. Berikut ulasannya.

Desain dan isi boks

Xiaomi memberikan terobosan baru di HP murah ini dengan menyematkan panel belakang berbahan kaca. Meskipun bingkainya tetap berbahan plastik, ini patut diapresiasi mengingat harganya yang Rp 2 jutaan 'kecil'.

Baca Juga: Review Film The Garfield Movie, Upaya Gagal Menghidupkan Pesona Kucing Oren

Saat diarahkan ke cahaya, panel belakang Redmi 13 menimbulkan efek kilauan titik kecil yang mirip seperti bintang-bintang di malam hari.  Ponsel ini juga memiliki rating IP53 untuk cipratan air dan debu.

Panel belakangnya ada dua lensa lingkaran besar yang disusun vertikal, ditambah dengan bulatan lampu flash kecil di sampingnya. Ring flash ini bisa menyala ketika ada notifikasi seperti panggilan masuk atau alarm, jadi tak cuma untuk kamera.

Xiaomi meluncurkan Redmi 13 di Indonesia pada Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]Xiaomi meluncurkan Redmi 13 di Indonesia pada Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]

Meski begitu, bulatan lensa besar ini membuat Redmi 13 tidak bisa tidur simetris apabila layarnya dihadapkan ke atas. Panel kacanya ini juga memantulkan bayangan apabila kena sinar, licin, dan masih meninggalkan sidik jari.

Terkait port, sisi atas Redmi 13 ini menyematkan infrared blaster dan jack audio 3.5mm. Sedangkan bagian bawah ada port USB-C, lubang speaker, dan mikrofon.

Sisi kanan pengatur volume dan tombol daya yang juga sensor sidik jari. Sementara bagian kirinya ada port Dual SIM serta slot MicroSD untuk meningkatkan memori hingga 1TB.

Baca Juga: Cara Menghemat Baterai di HP Xiaomi HyperOS, Aktifkan Fitur Khusus

Adapun isi boks Redmi 13 berisi satu unit ponsel, charger 33W, kabel USB-C, SIM ejector, panduan singkat, kartu garansi, hingga case silikon.

Layar

Redmi 13 mengusung layar berjenis IPS LCD seluas 6,79 inci, resolusi Full HD+ 2460x1080 piksel, refresh rate 90Hz, kerapatan piksel 396 ppi, kecerahan maksimum 550 nits, dan berbahan Corning Gorilla Glass.

Sebagaimana HP murah lainnya, Xiaomi Redmi 13 ini hadir dengan bezel tebal di keseluruhan sisinya. Namun khusus di bagian bawah alias dagu, bezelnya memang sedikit lebih besar ketimbang sisi atas hingga samping.

Xiaomi meluncurkan Redmi 13 di Indonesia pada Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]Xiaomi meluncurkan Redmi 13 di Indonesia pada Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]

Kecerahan layarnya yang hanya 550 nits ini juga membuat kurang terang apabila langsung terpapar sinar Matahari. Kami bahkan harus menaikkan opsi kecerahan hingga full kanan untuk mengoperasikan ponsel.

Untungnya, refresh rate 90Hz membuat layar Redmi 13 terasa mulus ketika dipakai untuk scroll media sosial. Desain Dot alias kamera punch hole berlubang juga menjadi poin plus karena HP murah biasanya menggunakan poni tetesan air atau water drop notch.

Kamera

Redmi 13 memiliki kamera utama 108MP yang dipasangkan dengan kamera makro di bagian belakang. Sedangkan kamera utamanya beresolusi 13MP.

Untuk kelas HP murah, kamera selfie Redmi 13 masih bisa tergolong standar. Warnanya memang kurang pekat, tapi tetap menghasilkan foto dengan tajam.

Bagian menariknya ini justru ada di kamera belakang. Redmi 13 ternyata mampu menghasilkan foto dengan tajam dan warna yang mencolok.

Saat mengambil foto kondisi outdoor di siang hari, kamera belakang Redmi 13 berhasil mendapatkan foto gedung dengan latar belakang awan yang sedikit mendung.

Sensor zoom 3x juga masih bisa mendapatkan tulisan di sebuah gedung dengan cukup jelas, meskipun jaraknya lumayan jauh.

Untuk malam hari, kamera belakang Redmi 13 pun masih bisa mengambil foto dengan cukup bagus. Asalkan latar yang diambil memiliki cahaya terang, sebab kalau redup hasilnya kurang memuaskan.

Berikut hasil kamera Redmi 13:

Review kamera belakang Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang mode portrait Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang mode portrait Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang mode malam Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera belakang mode malam Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera depan Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]Review kamera depan Xiaomi Redmi 13. [Suara.com/Dicky Prastya]


Performa

Redmi 13 diperkuat chip MediaTek Helio G91-Ultra yang dipasangkan dengan RAM LPDDR4X 8GB dan ROM eMMC 5.1 256GB. Sistem operasinya sudah HyperOS berbasis Android 14.

Saya yang terbiasa menggunakan HP premium (flagship) cukup dibuat uring-uringan saat pertama kali menjajal Redmi 13. Sebab mesinnya ini membuat loading screen lebih lama, peralihan aplikasi kurang lancar, hingga sedikit lag jika dipaksakan membuka banyak aplikasi.

Untungnya Redmi 13 memiliki fitur RAM virtual yang menambah kapasitas tambahan sebesar 8GB. Saat diaktifkan, peralihan aplikasi akhirnya bisa lebih lancar, meskipun masih sedikit patah-patah.

Kami lalu mencoba tes performa Redmi 13 dengan aplikasi AnTuTu dan Geekbench. Untuk AnTuTu, Redmi 13 mendapatkan skor 281.190.

Sedangkan skor Geekbench Redmi 13 menampilkan 412 dan 1.413 untuk hasil single core dan multi core. Di atas kertas, poin rendah ini memang biasa muncul untuk HP murah.

Performa Redmi 13 kembali kami buktikan saat bermain Mobile Legends yang merupakan game ringan. Hasilnya memang tidak rata kanan karena HP Xiaomi ini hanya mampu bermain di opsi Frame Rate 'Tinggi' dan Grafis 'Ultra'.

Namun saat kami mencoba opsi tersebut, game Mobile Legends justru tampak lag dan patah-patah. Akhirnya kami turunkan opsi Grafis menjadi 'Sedang' dan game pun bisa dimainkan dengan lancar.

Review performa Redmi 13 di AnTuTu dan Geekbench. [Suara.com/Dicky Prastya]Review performa Redmi 13 di AnTuTu dan Geekbench. [Suara.com/Dicky Prastya]

Baterai

Redmi 13 memiliki kapasitas baterai sebesar 5.030mAh yang dipasangkan dengan charger 33W. Selama pemakaian, ponsel ini bisa kami pakai seharian untuk kebutuhan ringan seperti media sosial, browsing, buka YouTube, atau mendengarkan musik.

Tapi saat dipakai main game Mobile Legends sekitar 40 menit, baterai Redmi 13 berkurang hingga 12 persen.

Charger 33W di Redmi 13 pun bisa mengisi daya baterai dari 3 ke 100 persen hanya dalam kurun waktu sekitar satu jam.

Kesimpulan

Xiaomi sepertinya ingin membuat standar baru untuk HP murah. Terbukti di Redmi 13 ini, walaupun HP murah, tetapi kualitasnya mulai ditingkatkan.

Untuk HP kelas entry-level, Xiaomi bisa menanamkan desain premium dengan panel berbahan kaca. Kamera belakang 108MP serta berbagai fitur yang tersedia juga menjadi nilai plus untuk Redmi 13 kali ini.

Kelebihan Redmi 13 lainnya yakni layar 90Hz yang membuat tampilan mulus, baterai 5.030mAh membuat ponsel tahan seharian, hingga charger cepat 33W yang mungkin jarang ditemukan untuk HP kelas entry level.

Xiaomi meluncurkan Redmi 13 di Indonesia pada Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]Xiaomi meluncurkan Redmi 13 di Indonesia pada Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]

Kekurangan Redmi 13 yang perlu kami soroti ada di bagian performa, khususnya chip Helio G-91 Ultra. Prosesor ini mungkin tak akan cocok bagi kalian yang suka main game, karena sekelas Mobile Legends pun standar grafisnya perlu diturunkan.

Kalian yang biasa multitasking seperti membuka banyak aplikasi dalam satu waktu pun perlu bersabar dalam menggunakan Redmi 13. Tapi seperti yang kami sarankan di atas, masalah itu bisa diakali dengan adanya fitur RAM virtual.

Secara keseluruhan, kami nilai Redmi 13 ini cocok untuk segmen anak sekolah, ojek online, atau emak-emak yang perlu kamera bagus. Ponsel ini akan menyebalkan bagi segmen gamers ataupun pekerja yang menggunakan banyak tugas dari HP.

Terlepas dari itu, Redmi 13 tetap kami rekomendasikan untuk dibeli. Lebih lagi harga Redmi 13 cukup murah, hanya Rp 1.999.000 untuk 8/128GB dan Rp 2.199.000 untuk 8/256GB.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #review #redmi #xiaomi #punya #standar #baru #untuk #murah

KOMENTAR