Cara Menghemat Baterai di HP Xiaomi HyperOS, Aktifkan Fitur Khusus
Ilustrasi Redmi Note 13 Pro 5G dengan HyperOS. [Xiaomi Indonesia]
14:24
19 Juni 2024

Cara Menghemat Baterai di HP Xiaomi HyperOS, Aktifkan Fitur Khusus

Pengguna perlu menghemat baterai agar smartphone dapat menyala lebih lama. Berikut terdapat penjelasan mengenai cara menghemat baterai di HP Xiaomi HyperOS.

Sebagai informasi, Xiaomi mengklaim bahwa HyperOS lebih ringan dan hemat daya dibanding versi MIUI sebelumnya. Meski begitu, terdapat beberapa HP midrage premium dengan HyperOS yang membutuhkan daya cukup banyak.

Ini karena perangkat membawa chipset cukup kencang di kelasnya. Terdapat metode serta pengaktifan fitur tertentu untuk menghemat baterai di HP Xiaomi HyperOS.

Salah satu cara untuk menghemat baterai adalah mengaktifkan Dark Mode. Berikut cara mengaktifkan Dark Mode di HP Xiaomi HyperOS:

Baca Juga: Harga Oppo A3 Pro Versi Internasional Terungkap, HP Tahan Banting Murah

  • Pergi ke menu Settings.
  • Pilih opsi Display & Brightness.
  • Terdapat pilihan Light Mode dan Dark Mode > aktifkan Dark Mode.
  • Pada Switch to Dark Mode, kalian dapat melakukan kustomisasi terkait durasi serta kapan Dark Mode diaktifkan.
  • Pada 'More Dark Mode Option', pengguna bisa menerapkan Dark Mode ke aplikasi tertentu.
Poco F6 dikenalkan ke Indonesia pada Rabu (19/6/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]Poco F6 dengan HyperOS. [Suara.com/Dicky Prastya]

Anda juga perlu melakukan melakukan hal tertentu agar baterai HP Xiaomi lebih awet. Berikut penjelasan terkait cara menghemat baterai di HP Xiaomi HyperOS:

  1. Prioritaskan aplikasi
    Anda harus mematikan aplikasi yang tidak penting agar baterai tak terkuras lebih banyak. Perlu diketahui, aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menyedot banyak daya. Pengguna bisa memanfaatkan fitur 'App Battery Optimization' pada perangkat.
  2. Aktifkan Dark Mode
    Cara mengaktifkan Dark Mode sudah dibahas di atas. Smartphone dengan Dark Mode dijamin mampu mengurangi konsumsi baterai secara signifikan, terutama pada perangkat dengan layar AMOLED.
  3. Pembaruan Rutin
    Anda perlu mengupdate software smartphone Xiaomi secara berkala untuk mendapatkan manfaat dari pengoptimalan baterai dan perbaikan bug terkini.
  4. Terapkan siklus 20-80
    Dengan aturan emas 20-80, baterai smartphone bakal lebih awet. Anda diharapkan menjaga tingkat baterai Anda antara 20 persen dan 80 persen sebanyak mungkin. Ini berarti Anda harus mengisi daya sebelum indikator baterai HP di bawah 20 persen. Pengisian daya terlalu penuh juga tidak disarankan.
  5. Aktifkan Fitur Night Charge Protection
    Dengan fitur tersebut, HyperOS secara cerdas menyesuaikan durasi siklus pengisian daya di malam hari berdasarkan pola perilaku pengguna. Teknologi ini mengenali pola penggunaan dan secara strategis menghentikan pengisian daya ponsel sekitar 80 persen. Penyesuaian otomatis mampu meminimalkan tekanan pada baterai sehingga akhirnya berkontribusi terhadap kesehatan baterai dalam jangka panjang. Untuk mengaktifkan fitur, klik Settings > Battery > Battery Protection > Night Charge Protection.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menghemat baterai di HP Xiaomi HyperOS, langkahnya mudah bukan?

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #cara #menghemat #baterai #xiaomi #hyperos #aktifkan #fitur #khusus

KOMENTAR