Mirip, Qualcomm Akui Snapdragon 6s Gen 3 Adalah Versi Upgrade Chipset Lawas
Logo Qualcomm. [Josep Lago/AFP]
07:48
17 Juni 2024

Mirip, Qualcomm Akui Snapdragon 6s Gen 3 Adalah Versi Upgrade Chipset Lawas

Qualcomm secara diam-diam merilis chipset Snapdragon 6s Gen 3 beberapa waktu yang lalu. Spesifikasi yang nyaris mirip, Snapdragon 6s Gen 3 disebut-sebut memiliki banyak kesamaan dengan chipset lawas, Snapdragon 695 yang rilis di tahun 2021 lalu.

Setelah menimbulkan banyak rumor, akhirnya hal ini dibenarkan oleh Qualcomm. Vendor chipset tersebut mengaku jika Snapdragon 6s Gen 3 adalah versi yang disempurnakan dari Snapdragon 695.

Dilansir dari GSM Arena, Qualcomm menyebut jika Snapdragon 6s Gen 3 mendapat peningkatan kinerja seperti CPU, GPU dan AI yang membuatnya lebih baik daripada Snapdragon 695.

Khusus untuk CPU, Qualcomm dipercaya membawa kecepatan clock yang lebih baik di Snapdragon 6s Gen 3. Di sisi lain, GPU dan AI yang dibawa chipset ini juga menjanjikan performa chipset yang lebih baik nantinya.

Baca Juga: Qualcomm Kenalkan Snapdragon 6s Gen 3, Dukung Varian 4G dan 5G

Konfirmasi resmi dari Qualcomm ini justru menuai berbagai reaksi. Banyak yang tidak sependapat dengan kehadiran chipset yang rilis 3 tahun yang lalu namun membawa nama berbeda.

Secara umum, performa yang dijanjikan oleh Qualcomm dengan Snapdragon 6s Gen 3 sama persis dengan Snapdragon 695. Chipset yang membawa kode 'S' ini masih dipadang lemah.

Sedangkan kode plus (+) pada nama Snapdragon 6s Gen 3 ini merujuk pada performa tinggi yang digunakan oleh Qualcomm di chipset terbarunya tersebut.

Sudah resmi meluncur, masih belum diketahui dengan pasti mengenai perangkat apa saja yang beruntung untuk menggunakan Snapdragon 6s Gen 3 milik Qualcomm ini.

Baca Juga: Kecerdasan Artifisial dalam Genggaman: Qualcomm Perkenalkan PC Terpintar dengan Snapdragon X Elite!

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #mirip #qualcomm #akui #snapdragon #adalah #versi #upgrade #chipset #lawas

KOMENTAR