Stop Cas Sembarangan! Ini Cara Isi Baterai HP Xiaomi dengan Cepat
Ilustrasi mengisi daya baterai HP. [Unsplash/Onur Binay]
14:40
15 Juni 2024

Stop Cas Sembarangan! Ini Cara Isi Baterai HP Xiaomi dengan Cepat

HP Xiaomi dikenal dengan kualitas dan harganya yang terjangkau hadir dengan berbagai fitur bawaan yang dirancang untuk mengoptimalkan kinerja baterai. Namun, memaksimalkan fitur ini memerlukan penyesuaian pengaturan khusus.

Jika pengguna ingin mengoptimalkan proses pengisian daya baterai di HP Xiaomi agar mencapai kecepatan maksimum, berikut ini daftarnya:

1. Gunakan pengisi daya asli

Selalu gunakan pengisi daya yang disertakan dengan ponsel atau pengisi daya bersertifikasi Xiaomi. Pengisi daya ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya perangkat, mendukung kemampuan pengisian daya cepat, dan melindungi kesehatan baterai.

Baca Juga: Terjebak Fastboot di HP Xiaomi? Tenang, Ini Cara Mudah Keluarnya

Pengisi daya pihak ketiga tidak hanya menyebabkan pengisian daya menjadi lebih lambat tetapi juga dapat merusak baterai atau port pengisian daya ponsel.

2. Optimalkan pengaturan pengisian daya

Ponsel Xiaomi dilengkapi dengan opsi perangkat lunak yang dapat membantu mengoptimalkan pengisian daya, seperti berikut:

  • Pengisian terjadwal: Fitur ini dapat ditemukan di bawah Battery settings. Ini memungkinkan pengguna menyetel waktu tertentu untuk mengisi daya ponsel, yang dapat membantu mengurangi keausan baterai seiring waktu.
  • Battery Saver Mode: Mengaktifkan Battery Saver Mode dapat memperpanjang masa pakai baterai. Mode ini menyesuaikan kinerja ponsel dan membatasi penggunaan data latar belakang saat ponsel mengisi daya.

3. Pertahanankan suhu sekitar

Jauhkan perangkat dari lingkungan yang panas. Suhu tinggi dapat menurunkan kesehatan baterai dan mengurangi kecepatan pengisian daya. Idealnya, isi daya ponsel pengguna di tempat sejuk dan kering untuk mencegah panas berlebih.

Baca Juga: Cara Memasangkan Mi Band dengan HP Android dan iOS

Jika pengguna melihat ponsel menjadi sangat panas saat mengisi daya, putuskan sambungannya, dan biarkan dingin sebelum melanjutkan.

ilustrasi mengisi daya ponsel (pexels/Steve Johnson)ilustrasi mengisi daya ponsel (pexels/Steve Johnson)

4. Pilih pengisian kabel

Meskipun pengisian daya nirkabel nyaman, ini tidak selalu merupakan cara tercepat untuk mengisi daya ponsel.

Pengisian daya berkabel, terutama dengan pengisi daya cepat Xiaomi, biasanya lebih cepat. Gunakan kabel USB berkualitas tinggi yang mendukung pengisian cepat untuk memaksimalkan kecepatan.

5. Perbarui ponsel secara teratur

Xiaomi sering merilis pembaruan perangkat lunak yang dapat meningkatkan kinerja perangkat, termasuk optimalisasi kesehatan baterai dan efisiensi pengisian daya. Pastikan ponsel pengguna sudah mutakhir dengan versi operasi sistem yang tersedia.

Untuk mengeceknya, buka Settings > About phone > System update. Periksa pembaruan dan instal pembaruan yang tersedia.

Itulah yang dapat pengguna lakukan untuk mempercepat pengisian daya baterai di HP Xiaomi.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #stop #sembarangan #cara #baterai #xiaomi #dengan #cepat

KOMENTAR