Atur Waktu Layarmu! Begini Cara Cek Screen Time di HP Xiaomi
Ilustrasi HP Xiaomi. [Unsplash/Đức Trịnh]
11:48
14 Juni 2024

Atur Waktu Layarmu! Begini Cara Cek Screen Time di HP Xiaomi

Di dunia yang serba digital saat ini, penting untuk menjaga keseimbangan yang sehat antara waktu pemakaian perangkat dan aspek lain. Xiaomi pun memiliki fitur untuk memastikan bahwa penggunanya dapat memantau dan mengontrol waktu layar atau screen time secara efektif.

Jika pengguna menggunakan HP Xiaomi, pengguna mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memeriksa waktu pemakaian perangkat. Berikut ini ulasan lengkapnya:

Alasan memantau durasi layar

Sebelum melakukan pengecekan waktu layar di Xiaomi, pengguna juga harus tahu pentingnya memantau waktu layar. Waktu menatap layar yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental, seperti ketegangan mata, sakit kepala, dan bahkan depresi.

Baca Juga: Rahasia Dapat Update HyperOS Xiaomi Lebih Cepat!

Dengan memantau waktu pemakaian perangkat, pengguna dapat menetapkan batasan, memprioritaskan tugas, dan mempertahankan gaya hidup yang lebih sehat.

Cara memeriksa screen time di HP Xiaomi

  • Buka aplikasi Settings di perangkat Xiaomi.
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi Screen Time. Ini mungkin terletak di bagian Digital Wellbeing atau Device, tergantung pada perangkat dan versi perangkat lunak yang digunakan.
  • Kini pengguna akan melihat rincian waktu pemakaian perangkat, termasuk total waktu yang dihabiskan di perangkat, aplikasi yang paling sering digunakan, dan waktu yang dihabiskan untuk aktivitas tertentu seperti media sosial, game, atau hiburan.
  • Pengguna dapat mengatur pengatur waktu dan batas untuk masing-masing aplikasi guna membantu tetap fokus dan menghindari waktu layar yang berlebihan.
  • Cukup pilih aplikasi yang ingin pengguna setel pengatur waktunya, dan sesuaikan pengaturannya sesuai preferensi.
  • Jika pengguna ingin istirahat dari perangkat, pengguna dapat menjadwalkan waktu henti, yang akan membatasi akses ke perangkat selama jangka waktu tertentu.
Ilustrasi [Envato]Ilustrasi menggunakan HP. [Envato]

Berikut beberapa tips tambahan untuk memaksimalkan fitur screen time di HP Xiaomi:

  • Tetapkan sasaran harian atau mingguan untuk mengurangi waktu pemakaian perangkat dan terima pengingat untuk membantu pengguna tetap terpantau.
  • Blokir aplikasi yang mengganggu selama waktu tertentu dalam sehari atau untuk jangka waktu tertentu untuk meminimalkan penundaan.
  • Jika pengguna adalah memiliki anak, pengguna dapat menggunakan fitur waktu pemakaian perangkat Xiaomi untuk menetapkan batas dan memantau penggunaan perangkat anak.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna kini dapat mengecek screen time di HP Xiaomi.

Baca Juga: Xiaomi 14 Civi Rilis dengan Snapdragon 8s Gen 3, Dijual Rp 8 Jutaan

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #atur #waktu #layarmu #begini #cara #screen #time #xiaomi

KOMENTAR