Qualcomm Umumkan Tanggal Rilis Snapdragon 8 Gen 4, Kemampuan Gaming Terungkap
Chipset Qualcomm Snapdragon. [Qualcomm]
11:08
14 Juni 2024

Qualcomm Umumkan Tanggal Rilis Snapdragon 8 Gen 4, Kemampuan Gaming Terungkap

Keberadaan Snapdragon 8 Gen 4 sudah terdeteksi sejak beberapa bulan lalu. Qualcomm baru-baru ini mengonfirmasi bahwa mereka bakal merilis Snapdragon 8 Gen 4 pada kuartal keempat 2024.

Berdasarkan poster resmi yang beredar, Qualcomm bersiap mengadakan Snapdragon Summit 2024 pada 24 hingga 26 Oktober di Maui Hawaii. Acara pada 24-26 Oktober tersebut diyakini sebagai momen peluncuran Snapdragon 8 Gen 4.

Ini sejalan dengan bocoran dari leaker Digital Chat Station beberapa waktu lalu. Sebagai catatan, Snapdragon Summit merupakan acara tahunan yang biasanya menjadi ajang peluncuran prosesor seluler andalan generasi berikutnya.

Snapdragon 8 Gen 4 bakal dibangun dengan sistem fabrikasi 3 nm dari TSMC. SoC ini menampilkan core CPU Oryon khusus. Berbeda dengan tata letak 1+3+4 pada Snapdragon 8 Gen 3, chip tersebut kabarnya akan memiliki desain 2+6 tanpa core efisiensi.

Baca Juga: Kecerdasan Artifisial dalam Genggaman: Qualcomm Perkenalkan PC Terpintar dengan Snapdragon X Elite!

Kedua core berkinerja tinggi diklaim memiliki clock speed puncak 4 GHz dan mencetak lebih dari 3.000 poin dalam tes single-core dan 10.000 poin dalam tes multi-core di Geekbench.

Dikutip dari Gizmochina, bocoran terbaru di Weibo mengungkap kemampuan gaming dari Snapdragon 8 Gen 4. Berdasarkan bocoran, Snapdragon 8 Gen 4 mampu menjalankan Genshin Impact dengan lancar selama 45 menit.

Dapur pacur kelas atas Qualcomm itu dilaporkan mempertahankan frame rate yang stabil. Xiaomi diperkirakan mengumumkan Xiaomi 15 series segera setelah acara tersebut.

Apabila bocoran benar, Xiaomi 15 bakal menjadi smartphone pertama dengan Snapdragon 8 Gen 4. Meski begitu, rumor lain mengklaim bahwa Realme GT 7 Pro akan berlomba melawan Xiaomi 15 dalam hal peluncuran awal.

Baca Juga: Perbandingan Chipset MediaTek Helio G99 vs Snapdragon 680, Dapur Pacu HP Murah

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #qualcomm #umumkan #tanggal #rilis #snapdragon #kemampuan #gaming #terungkap

KOMENTAR