Daftar Fitur iOS 18, Bikin iPhone Makin Mirip Android
iOS 18. [Macrumors]
11:40
11 Juni 2024

Daftar Fitur iOS 18, Bikin iPhone Makin Mirip Android

Apple resmi memperkenalkan sistem operasi terbaru iOS 18 untuk iPhone di World Developers Conference alias WWDC 2024 pada Selasa (11/6/2024) dini hari.

Dalam paparannya, iOS 18 membuat iPhone lebih mirip seperti Android. Sebab, banyak fitur baru yang sebelumnya tidak ada di iPhone tapi sudah muncul di HP buatan Google tersebut.

Berikut daftar fitur baru di iOS 18, dikutip dari Tomsguide, Selasa (11/6/2024).

Daftar fitur iOS 18

Baca Juga: WWDC 2024: Apple Integrasikan ChatGPT dan Beberapa Fitur AI

Home screen = Ikon aplikasi dan widget bisa diubah secara bebas, tak lagi sekadar kiri ke kanan atau atas ke bawah. Ikon aplikasi juga menyesuaikan apabila dalam mode gelap ataupun background warna lainnya. ini mirip seperti yang ada di HP Android.

Control center = Pengguna dapat mengubah tata letak pusat kontrol yang sebelumnya tidak bisa diubah. Caranya hanya tinggal geser dan tahan dari sudut kanan atas. Bahkan Control Center ini juga mencakup opsi aplikasi Apple maupun platform dari pihak ketiga.

Lock screen = Dua shortcut yang sudah ada seperti senter dan kamera kini bisa diubah. Hal yang sama berlaku juga di Action Button yang ada di iPhone 15 Pro dan Pro Max.

Privasi = Apple menyediakan fitur 'Lock an app' untuk mengunci aplikasi tertentu dengan Face ID (sensor wajah), touch ID (sensor sidik jari), ataupun password. Ada pula fitur 'Hide an app' untuk menyembunyikan aplikasi. Kontak pengguna kini dapat disimpan dari aplikasi, alih-alih memberikan izin menyeluruh. Menghubungkan perangkat Bluetooth kini dapat menggunakan antarmuka keamanan baru.

Messages = Tapback (reaksi pesan) kini dapat berfungsi dengan emoji atau stiker apa pun. Ada pula fitur 'Send Later' yang memungkinkan kalian menjadwalkan pesan. Kemudian ada format teks yang lebih baik seperti huruf miring, garis bawah, menebalkan, atau mencoret pesan. Efek teks juga hadir untuk membuat pesan lebih hidup, dengan tersedia opsi otomatis atau manual. Apple juga mengizinkan iPhone 14 dan model lebih baru dengan konektivitas satelit untuk mengirim pesan melalui satelit, baik itu iMessage atau teks SMS.

Baca Juga: Meluncur di WWDC 2024, iOS 18 Pastikan Pakai Apple Intelligence

Mail = Kategorisasi di perangkat membantu Anda memfilter email secara otomatis, seperti menjauhkan newsletter atau kwitansi penjualan dari pesan pribadi. Tampilan ringkasan baru menampilkan semua pesan dari kontak tertentu untuk mendapatkan gambaran tingkat tinggi tentang apa yang perlu Anda ketahui.

Maps = Peta topografi dengan rute berjalan kaki kini hadir, dengan akses offline yang juga tersedia.

Wallet = Tap to Cash memungkinkan Anda mengirim uang dengan mendekatkan iPhone Anda ke milik pengguna lain. Apple Pay kini berfungsi dengan poin loyalitas, dan sebagainya. Tiket digital kini memiliki tampilan yang lebih baru.

Journal = Tampilan Insight baru untuk menampilkan statistik. Ada juga penelusuran untuk membantu Anda menemukan data lama.

Game mode = Ini dirancang untuk meminimalkan aktivitas latar belakang untuk menjaga performa tetap tinggi dan latensi dengan pengontrol dan headphone nirkabel.

Photos = Tampilan baru untuk aplikasi ini menjaga grid dan perpustakaan Anda pada layar yang sama, dengan opsi filter dan skala waktu ditawarkan untuk membantu navigasi. Tampilan Koleksi memperlihatkan kumpulan foto tertentu dengan tangkapan layar dan gambar tidak menarik lainnya yang disaring untuk membuat kolase yang menarik. Korsel foto favorit dan unggulan ditempatkan di bagian atas aplikasi untuk menampilkan foto terbaik Anda.

Versi iOS 18 beta akan tersedia ke pengembang aplikasi mulai 10 Juni 2024. Sedangkan iOS 18 versi beta publik akan muncul di bulan Juli.

Peluncuran iOS 18 kemungkinan datang saat Apple meluncurkan iPhone 16, yang biasanya digelar pada September.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #daftar #fitur #bikin #iphone #makin #mirip #android

KOMENTAR