Nvidia Ungkap Teaser Laptop Gaming sebagai 'RTX AI PC', Lebih Hemat Daya
Logo Nvidia. [dok. Nvidia]
12:40
4 Juni 2024

Nvidia Ungkap Teaser Laptop Gaming sebagai 'RTX AI PC', Lebih Hemat Daya

Nvidia baru-baru ini mengumumkan beberapa produk dan layanan baru terkait inovasi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Mereka turut mengunggah teaser laptop gaming Asus dan MSI sebagai 'RTX AI PC'.

Pengumuman teranyar mengisyaratkan adanya fitur Copilot+ PC. Melalui postingan di blog resmi, laptop tersebut lebih hemat daya dibanding produk yang beredar sebelumnya.

Laptop RTX AI PC yang baru diumumkan dari Asus dan MSI memiliki fitur hingga GPU GeForce RTX 4070 dan sistem-on-a-chip hemat daya dengan kemampuan PC AI Windows 11. PC AI Windows 11 ini akan menerima pembaruan gratis untuk pengalaman Copilot+ PC jika tersedia," tulis Nvidia.

Perusahaan tidak merinci apa yang dimaksud dengan RTX AI PC. Nvidia menyoroti beberapa akselerasi AI yang akan dimungkinkan oleh platform GPU untuk laptop yang bakal debut pada 2024.

Baca Juga: Daftar Harga Laptop Axioo Mei 2024, Paling Mahal Tembus Rp 30 Juta

Dikutip dari NDTV, mereka mengklaim bahwa laptop ini akan mendapat fitur Microsoft Copilot+ PC melalui pembaruan gratis "bila tersedia".

Kata-katanya menunjukkan bahwa laptop gaming tidak menerima fitur seperti Recall dan Cocreate saat peluncuran, tetapi mungkin akan ditingkatkan nanti. Selain itu, menurut laporan terpisah dari The Verge, laptop ini bakal berjalan pada CPU Strix terbaru AMD.

Perbedaan tersebut pantas mengingat Microsoft baru saja mengumumkan kolaborasi dengan Snapdragon untuk chipset berbasis Arm-nya. Melalui blog resmi perusahaan, Nvidia juga menyoroti bahwa GPU lebih cocok untuk menjalankan beban kerja AI yang lebih berat dibanding NPU.

Perbandingan tersebut kemungkinan besar didasarkan pada informasi yang dibagikan oleh Microsoft bahwa NPU internalnya dapat menangani 50 Trillion Operations Per Second (TOPS). Sebagai perbandingan, GPU Nvidia dikatakan mampu menangani hingga 1.000 TOPS.

Namun, satu kelemahan GPU adalah konsumsi dayanya lebih besar sedangkan NPU dioptimalkan untuk kinerja. Laptop gaming dari Asus dan MSI diperkirakan akan tersedia pada Juli mendatang sebagai RTX AI PC.

Baca Juga: Daftar Laptop dengan Copilot+ PC, Calon Pembunuh MacBook Apple

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #nvidia #ungkap #teaser #laptop #gaming #sebagai #lebih #hemat #daya

KOMENTAR