5 Cara Lindungi Data Pribadi di Meta, Gampang Banget
Ilustrasi perlindungan data pribadi. [Pexel/Pixabay]
16:48
31 Mei 2024

5 Cara Lindungi Data Pribadi di Meta, Gampang Banget

Facebook dan Instagram menjadi tempat bagi banyak orang untuk terhubung dengan keluarga, teman, dan komunitas dari berbagai penjuru dunia.

Melindungi informasi pribadi dan memberi kendali atas data adalah salah satu prioritas utama Meta.

Rafael Frankel, Direktur Kebijakan Publik, Meta, mengungkapkan bahwa Meta mengutamakan privasi di semua aspek layanan dengan menyediakan berbagai alat yang mudah digunakan, untuk membantu pengguna memahami dan mengelola privasi mereka melalui Pusat Privasi Meta.

"Kami akan terus mengingatkan pengguna akan pentingnya menjaga keamanan saat beraktivitas di ranah online, serta ketersediaan alat yang dapat membantu mereka mengontrol konten apa yang ingin mereka bagikan dan lihat,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (31/5/2024).

Baca Juga: DPR Sorot Ancaman Kedaulatan Data Starlink Elon Musk di RI, Belajar dari Kasus Ukraina

Berikut ini lima langkah mudah menjaga agar privasi dan tetap terlindungi selama berkegiatan di seluruh aplikasi Meta:

1. Lakukan pemeriksaan privasi secara teratur

Ilustrasi login FacebookIlustrasi login Facebook

Perbarui pengaturan keamanan dan privasi agar terhindar dari perundungan dan pelecehan, atau melihat iklan dan konten yang tidak sesuai.

2. Aktifkan autentikasi dua faktor

Kamu akan diminta memasukkan kode login khusus atau mengonfirmasi upaya login-mu setiap kali mencoba mengakses Facebook atau Instagram dari browser atau perangkat seluler yang tidak dikenali.

Baca Juga: Cara Mengenali Penipuan di Facebook Marketplace

Kamu juga akan menerima peringatan ketika seseorang mencoba masuk dari browser atau perangkat seluler yang tidak dikenali.

3. Mengontrol konten yang dapat dilihat oleh teman dan keluarga

Kamu dapat mengatur siapa yang dapat melihat postinganmu, baik di masa depan maupun yang sudah diposting sebelumnya.

Kamu juga dapat mengelola daftar orang yang diblokir di platform, seperti menambahkan orang baru ke daftar blokir yang kamu miliki.

4. Lindungi pesan dan informasi pribadi

Enkripsi end-to-end di Instagram dan Messenger menambah keamanan ekstra pada pesan dan panggilan yang kamu lakukan dengan orang lain.

Memastikan bahwa hanya kamu dan penerima pesan atau lawan bicara yang dapat mengakses konten tersebut. Enkripsi end-to-end juga memungkinkan kamu untuk:

Fitur baru WhatsApp, cadangan enkripsi end-to-end. [Facebook] Fitur baru WhatsApp, cadangan enkripsi end-to-end. [Facebook]
  • Mengatur waktu penghapusan pesan setelah dibaca untuk meningkatkan privasi dalam obrolan
  • Mengatur ulang waktu penghapusan pesan. Pesan yang tidak dibaca dalam 14 hari akan dihapus secara otomatis dari obrolan.

5. Atur preferensi iklan

Di Pusat Privasi Meta, kamu dapat meninjau preferensi iklan, memblokir konten yang tidak diinginkan, dan mengontrol apa yang ingin kamu lihat di feed.

Meta mengutamakan edukasi kepada pengguna mengenai alat dan informasi tentang privasi yang dapat diakses melalui Pusat Privasi kami, serta memungkinkan setiap orang mengontrol dan menentukan apa yang mereka bagikan di platform kami.

"Kami memahami pentingnya transparansi dan kontrol kepada pengguna kami terkait data mereka, dan kami akan terus mengembangkan alat serta kontrol privasi yang lebih baru dan lebih baik untuk memenuhi harapan tersebut,” tutup Rafael Frankel.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #cara #lindungi #data #pribadi #meta #gampang #banget

KOMENTAR