Usai Samsung, Giliran Xiaomi Contek Iklan Viral iPad Pro 2024 Apple
Ilustrasi HP Xiaomi. Foto: Xiaomi Civi 4 Pro. (Xiaomi China)
14:40
23 Mei 2024

Usai Samsung, Giliran Xiaomi Contek Iklan Viral iPad Pro 2024 Apple

Iklan Apple kembali menjadi inspirasi brand lain. Setelah Samsung, giliran Xiaomi yang meniru iklan iPad Pro 2024 yang sempat viral menuai kontroversi.

Diketahui iklan iPad Pro 2024 itu dikecam publik karena Apple seolah mendukung penghancuran karya seni manusia. Video itu menampilkan barang seperti alat musik, cat, lensa, kamera, buku, karakter film, patung, dan lainnya hancur ditekan mesin press hidrolik.

Nah iklan ini juga ditiru perusahaan asal China yang diunggah di akun X Xiaomi India, sebagaimana dilansir dari 9to5Mac, Kamis (23/5/2024).

Bedanya, iklan 'Crush!' versi Xiaomi ini lebih menampilkan alat-alat pendukung industri film seperti kamera, tripod, lightning, dan lainnya. Video itu memang masih memperlihatkan mesin press, tetapi tidak menampilkan penghancuran alat layaknya iklan iPad Pro 2024 Apple.

Baca Juga:Kacamata dan Sarung Tangan Hitam Zoe Levana di Kantor Polisi, Netizen: Mau Ngojek Mbak?

Di akhir video mesin press itu justru berhenti. Iklan lalu menampilkan deskripsi 'Cinematic Vision' di mana huruf 'Ci' dan 'Vi' ditandai dengan warna merah. Xiaomi kemudian menutup iklan itu dengan kata 'Coming Soon'.

Iklan ini merupakan promo peluncuran HP Xiaomi 14 Civi yang bakal hadir di India. Ponsel ini diyakini adalah versi lain dari Civi 4 Pro yang hanya dijual di China.

Xiaomi sering tiru Apple

Ini bukan kali pertama Xiaomi mencontek Apple. Mereka sudah memulainya dengan produk Mi Phone dan Mi Pad yang dirilis beberapa tahun silam.

Mi Pad adalah tablet yang mirip seperti iPad Mini Apple, baik dari segi hardware maupun software. Sebab tampilan antarmuka (UI) Android Xiaomi ini mirip seperti iOS.

Baca Juga:Cara Bikin Dynamic Island di HP Xiaomi yang Belum Update HyperOS

Xiaomi juga meniru Apple lewat Mi 8, yang mana desain smartphone ini mirip seperti iPhone X. Produk lainnya yakni TWS in-ear AirDots yang merupakan salinan dari AirPods Apple.

Bahkan Xiaomi juga mencontek Apple di strategi pemasaran. Perusahaan asal China itu mengubah desain situs web hingga format presentasi yang lagi-lagi mirip Apple.

Iklan Apple diejek Samsung

Iklan Apple sempat diejek Samsung usai viral. Lewat akun X atau Twitter, Samsung US mengunggah video dengan konsep yang seolah lanjutan dari milik Apple. Konten itu menampilkan seorang perempuan yang berjalan melewati puing-puing benda yang hancur.

Wanita itu kemudian mengambil gitar hancur yang tersisa. Ia memainkan gitar tersebut dengan kunci yang diperlihatkan dari tablet Samsung Galaxy Tab S9.

Di scene terakhir, tak lupa perusahaan asal Korea Selatan itu menutupnya dengan kalimat Samsung Galaxy Tab S9 series yang merupakan produk tablet terbaru mereka.

"Kami tidak akan pernah menghancurkan kreativitas #UnCrush," tulis Samsung dalam deskripsi video, dikutip dari The Verge, Kamis (16/5/2024).

Kontroversi iklan Apple sendiri terjadi beberapa waktu lalu. Selasa kemarin, perusahaan asal AS itu baru saja meluncurkan iPad Pro 2024 yang diperkuat M4.

Nah di video promosinya, Apple ingin memamerkan keunggulan iPad Pro 2024 yang membawa desain tipis.

Itu dibuktikan dengan sebuah video iklan yang memperlihatkan benda-benda seperti piano, pemutar rekaman, cat, dan karya lain yang dihancurkan mesin press hidrolik. Kemudian hanya satu yang tersisa dari puing-puing itu, yakni iPad Pro.

Beberapa warganet pun mengecam iklan viral Apple tersebut. Mereka menganggap kalau Apple menghancurkan sebuah karya yang dibuat manusia.

Lebih lagi video itu juga dibuat dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), yang seolah karya manusia tidak dibutuhkan lagi.

Setelah viral, Apple akhirnya minta maaf soal iklan iPad Pro tersebut. Vice President of Marketing Apple, Tor Myhren mengakui kalau mereka meleset dari sasaran.

"Kreativitas ada dalam DNA kami di Apple, dan sangat penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan kreativitas di seluruh dunia," ungkapnya.

“Tujuan kami adalah untuk selalu merayakan berbagai cara pengguna mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami meleset dari sasaran dengan video ini, dan kami minta maaf," pungkasnya.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #usai #samsung #giliran #xiaomi #contek #iklan #viral #ipad #2024 #apple

KOMENTAR