Canalys: Pasar Smartphone Ini Diprediksi Paling Laris di 2024
Ilustrasi smartphone. [Gerd Altmann/Pixabay]
15:56
17 Januari 2024

Canalys: Pasar Smartphone Ini Diprediksi Paling Laris di 2024

Pengiriman smartphone di seluruh dunia tumbuh 8 persen YoY pada kuartal keempat tahun 2023, mencapai 320 juta unit.

Hal ini mengakhiri penurunan tujuh kuartal berturut-turut.

Apple memimpin pasar pada kuartal keempat dengan pangsa pengiriman 24 persen, berkat peluncuran iPhone baru.

Samsung menempati posisi kedua dengan 17 persen.

Xiaomi berada di posisi ketiga, dengan pertumbuhan lebih dari 20 persen YoY di Q4.

TRANSSION naik ke peringkat keempat untuk pertama kalinya, berkat pemulihan pasar negara berkembang.

Pangsa pasar smartphone dari Q1 2020 hingga Q4 2023. [Canalys] Pangsa pasar smartphone dari Q1 2020 hingga Q4 2023. [Canalys]

Dengan pangsa pasar 7 persen, vivo melengkapi posisi lima besar.

Untuk setahun penuh pada tahun 2023, pengiriman smartphone global mencapai 1,1 miliar unit, turun 4 persen dari tahun sebelumnya.

Untuk pertama kalinya, Apple mengungguli Samsung untuk menjadi vendor teratas tahun ini dalam hal pengiriman, meskipun keduanya memiliki pangsa pasar sebesar 20 persen.

Xiaomi, OPPO dan TRANSSION masing-masing memegang 13 persen, 9 persen dan 8 persen saham.

“Pasar sedang menuju ke arah yang benar, dibantu oleh peningkatan permintaan pada musim liburan,” kata Analis Senior Canalys, Toby Zhu.

Menurutnya, produk-produk di kisaran harga menengah ke bawah merupakan pendorong pertumbuhan gelombang pemulihan ini.

Dibantu oleh kembalinya permintaan di negara-negara berkembang, seperti Timur Tengah dan Afrika, Asia Pasifik dan Amerika Latin.

"Sementara itu, dengan tekanan persediaan dan inflasi global yang terus mereda, vendor akhirnya dapat fokus pada inovasi produk dan pengembangan strategi jangka panjang, sehingga dapat meletakkan landasan yang kokoh untuk tahun depan," bebernya.

Dia menambahkan, sudah banyak peluncuran Android andalan baru yang memanfaatkan tren AI pada perangkat, dari Google Pixel dan beberapa vendor China, seperti HONOR, OPPO, vivo, dan Xiaomi.

Pangsa pasar smartphone Q4 2023. [Canalys]Pangsa pasar smartphone Q4 2023. [Canalys]

“Dua pemain teratas sangat bersemangat mencari pendorong pertumbuhan baru untuk bisnis ponsel pintar mereka karena keduanya mengalami penurunan pangsa pasar di Q4,” kata Manajer Riset Canalys Amber Liu.

Pada tahun 2023, dia menambahkan, Samsung fokus pada segmen kelas menengah ke atas untuk mendapatkan keuntungan tetapi kehilangan pangsa di segmen kelas bawah dan juga posisi terdepan di pasar global.

Peluncuran produknya pada tahun 2024, terutama di segmen kelas atas dengan fokus pada AI pada perangkat, akan mendukung kebangkitannya sebagai pemimpin inovasi pada tahun 2024.

“Di sisi lain, Apple menunjukkan ketahanannya selama dua tahun terakhir, berkat permintaan yang kuat di segmen kelas atas," ujar Liu.

Menurutnya, perluasan positioning seri iPhone 15 menunjukkan arah masa depan strategi portofolio Apple untuk menjangkau segmen konsumen yang lebih luas.

“Tetapi peningkatan kekuatan Huawei dan meningkatnya persaingan lokal di China daratan akan menantang Apple, sementara permintaan pengganti produk kelas atas di pasar utama lainnya, seperti Amerika Utara dan Eropa, sedang menurun," pungkas dia.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #canalys #pasar #smartphone #diprediksi #paling #laris #2024

KOMENTAR