Apple Makin Terjungkal dari Merek HP China
Ilustrasi tablet Apple. Foto: iPad Pro 2024. [Apple]
14:16
20 Mei 2024

Apple Makin Terjungkal dari Merek HP China

Apple semakin tersingkir di pasar China. Setelah iPhone giliran iPad yang kalah dari Huawei, sebuah brand ponsel yang juga memiliki perangkat tablet.

Perlu diketahui iPad adalah penguasa pasar tablet selama beberapa tahun terakhir. Mereka selalu berhasil mengalahkan sang pesaing, tablet Android.

Kini pasar tablet China telah mengalami kenaikan di kuartal pertama (Q1) 2024. Menurut riset IDC, pengiriman tablet di Tiongkok mencapai 7,13 juta unit atau meningkat 6,6 persen secara year over year (YoY).

Nah Huawei menguasai pangsa pasar tablet China dengan persentase 36,3 persen dengan total pengiriman 2,59 juta unit di Q1 2024, sebagaimana dilansir dari Gizchina, Senin (20/5/2024).

Sementara itu Apple dengan produk iPad berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 24,4 persen. Pencapaian ini cukup signifikan karena Huawei unggul 10 persen dari Apple.

Huawei berhasil menguasai pangsa pasar berkat produk tablet yang ditujukan di segmen murah (entry-level) hingga menengah (mid-range). Sebaliknya, Apple hanya fokus menjual iPad yang sudah lama diluncurkan.

Di bawah Apple ada Xiaomi dengan pangsa pasar 12,8 persen. Mereka sukses berkat peluncuran tablet baru bernama Xiaomi Pad 6S Pro.

Honor ada di peringkat keempat dengan pangsa pasar 8,5 persen. Mereka berhasil unggul berkat tablet yang dirilis di kisaran harga 200-400 Dolar AS atau sekitar Rp 3,1 juta hingga Rp 6,3 juta.

Lima besar lainnya yakni Lenovo. Mereka juga sukses berkat peluncuran tablet murah alias entry level.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #apple #makin #terjungkal #dari #merek #china

KOMENTAR