Cyberbullying Merajalela, Pemerintah Turun Tangan! Guru dan Murid Wajib Tahu
ilustrasi cyberbullying (Elements Envato)
08:48
17 Mei 2024

Cyberbullying Merajalela, Pemerintah Turun Tangan! Guru dan Murid Wajib Tahu

Maraknya cyberbullying tak luput dari perhatian pemerintah karena hal ini dapat menjadi pengingat masyarakat untuk berhati-hati di dunia digital.

Hal ini menjadi topik menarik dalam workshop daring untuk segmen pendidikan Maluku-Papua.

Tiga pilar literasi digital yaitu keamanan digital, etika digital dan kecakapan digital, hadir untuk mempertajam keahlian guru dan murid di dunia digital.

Semua Bisa Kena, Ini 3 Dampak Cyberbullying dan Cara Penanganannya

Dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi lewat webinar dengan menyapa DigiFriends dan menyampaikan tujuan diadakannya workshop daring Makin Cakap Digital 2024 Episode 6 ini.

"Dengan adanya kegiatan Makin Cakap Digital 2024 ini diharapkan dapat mendongkrak indeks supaya semakin baik lagi di tahun mendatang dan indeks keseluruhan masyarakat Indonesia naik di mata dunia,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (17/5/2024).

Tiba di tahun keempat, diharapkan Workshop daring Makin Cakap Digital 2024 dapat mendukung transformasi digital Indonesia dengan memberikan pelatihan empat pilar kompetensi literasi digital dan telah mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat.

Ilustrasi guru di ruang kelas (Pexels.com/Max Fischer)Ilustrasi guru di ruang kelas (Pexels.com/Max Fischer)

"Terbukti perkembangan literasi digital masyarakat dari tahun ke tahun meningkat seiring dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia”, Dirjen Aptika Samuel Abrijani Pangerapan.

Workshop daring yang memberikan banyak manfaat ini seratus persen gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Digifriends (sebutan bagi peserta webinar literasi digital) hanya perlu untuk melakukan registrasi terlebih dahulu melalui link yang sudah diberikan.

Setelah registrasi, DigiFriends akan mendapatkan link zoom dan password melalui email yang sudah didaftarkan untuk mengikuti webinar daring.

Rentan Terjebak Cyberbullying, Gen Z Disebut Bermental Lemah, Benarkah?

Webinar ini menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Hayuning Sumbadra (Direktur PT EMI/Dosen) membawakan pilar Keamanan Digital, Fajar Sidik (Podcast Producer) membawakan pilar Kecakapan Digital, dan Denny Abal (Rans Nusantara FC/Asisten Manager)
membawakan pilar Etika Digital.

Denny menjelaskan lebih lanjut tentang cara mencegah terjadinya cyberbullying.

"Diantaranya berusaha memahami orang lain, berpikir panjang sebelum berkomentar di media sosial, menghormati orang lain meskipun di dalam dunia maya tidak bertatap muka, menumbuhkan sikap toleransi kepada orang lain yang berbeda suku/ras/agama/gender/pandangan hidup, dan segera
melaporkan kepada pihak terkait jika terjadi cyberbullying agar dapat berpartisipasi dalam pencegahan," bebernya.

Makin Cakap Digital 2024 Episode 17 ini dihadiri banyak murid dan guru sekolah dari area Maluku - Papua dan sekitarnya.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #cyberbullying #merajalela #pemerintah #turun #tangan #guru #murid #wajib #tahu

KOMENTAR