Kabar Baik Buat Pengguna TJ! Ini Cara Pantau TransJakarta di Google Maps
Ilustrasi TJ atau Transjakarta. Foto: Penumpang bus listrik Transjakarta turun di kawasan Bulungan, Jakarta, Selasa (22/8/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
08:00
17 Mei 2024

Kabar Baik Buat Pengguna TJ! Ini Cara Pantau TransJakarta di Google Maps


Para pengguna bus TransJakarta kini patut berbahagia. Pasalnya, TJ kini bisa dipantau langsung dari aplikasi Google Maps secara real-time.

Informasi ini dibagikan oleh akun X atau Twitter Adriansyah Yasin Sulaeman. Ia memperlihatkan fitur Google Maps yang kini bisa memantau lokasi bus TransJakarta.

"Keberadaan live-tracking bus Transjakarta di Google Maps memberikan kepastian layanan kepada jutaan warga Jakarta termasuk saya," tulis dia lewat akun @adriansyahyasin, dikutip Kamis (16/5/2024).

Berdasarkan penelusuran Suara.com di aplikasi Google Maps, fitur ini memang sudah bisa dicoba. Bahkan kalian bisa memantau lokasi bus TransJakarta baik di HP Android maupun iPhone.

Sebelum itu, kalian pastikan dulu sudah memperbarui (update) aplikasi Google Maps, baik dari toko aplikasi Play Store (Android) maupun App Store (iPhone).

Cara pantau bus TransJakarta di Google Maps

  1.  Buka aplikasi Google Maps, baik di Android atau iPhone
  2. Cari salah satu halte TJ, misalnya Kampung Melayu
  3. Halte akan menampilkan deskripsi seperti rute bus hingga estimasi waktu sampai, misalnya 5 Ancol sampai dalam waktu 11 menit
  4. Kalian juga bisa klik opsi bus yang mau dinaiki, misalnya 5C tujuan Juanda
  5. Aplikasi akan menampilkan estimasi bus sampai di Halte Kampung Melayu maupun setelahnya seperti Matraman Baru, Kesatrian, dan lain-lain

Canggihnya lagi, kalian bisa mengetuk logo bus yang berjalan di aplikasi Google Maps. Jika diklik, platform peta digital itu akan memperlihatkan estimasi waktu sampai ke halte.

Tak hanya itu, Google Maps juga bisa memperkirakan banyak penumpang dalam TransJakarta ataupun halte apakah ramai atau sepi. Hal itu terlihat dari logo orang yang bawah rute halte.

Misalnya, bus TransJakarta ramai apabila ada logo tiga orang itu berwarna putih semua. Sebaliknya, bus sepi apabila logo tiga orang itu hanya putih di salah satu saja.

Begitulah cara pantau TransJakarta di Google Maps. Silakan mencoba.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #kabar #baik #buat #pengguna #cara #pantau #transjakarta #google #maps

KOMENTAR