Cara Bikin Curriculum Vitae Biar Menarik Perhatian HR
Ilustrasi curriculum vitae (Pexels/Cottonbro Studio)
11:08
16 Mei 2024

Cara Bikin Curriculum Vitae Biar Menarik Perhatian HR

Mencari kerja di perusahaan impian maupun mencari tenaga kerja yang tepat, merupakan hal yang kompleks.

HireHub, sebuah aplikasi ciptaan lulusan program Bangkit, mencoba menghadirkan solusi untuk menjembatani perusahaan dengan talenta handal.

Andelle Gianzra Basae, Chief Financial Officer HireHub, menjelaskan bahwa salah satu hal yang penting dalam proses pencarian kerja adalah menyertakan Curriculum Vitae (CV) yang menarik.

Baca Juga: 

“CV merupakan tahap awal bagi seorang Human Resource (HR) untuk mengidentifikasi apakah kandidat memiliki kualifikasi yang cukup untuk maju ke tahap berikutnya. Penting bagi para pencari kerja mengoptimalkan informasi penting pada CV dengan tepat,” ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis (16/5/2024).

Berikut tips dari HireHub untuk memastikan CV yang kita miliki memukau:

  • Tunjukkan keterampilan yang relevan, termasuk keterampilan teknis seperti pemrograman atau desain, serta keterampilan lunak seperti kepemimpinan atau komunikasi.
  • Gunakan desain yang profesional, utamakan desain CV yang profesional dan bersih dengan font yang mudah dibaca dan layout sederhana. Hindari desain berlebihan yang dapat mengalihkan perhatian dari konten informasi utama.
  • Fokus pada hasil konkret yang dicapai di tempat kerja sebelumnya, seperti meningkatkan penjualan atau mengimplementasikan proyek-proyek sukses. Bagi fresh graduate, dapat membagikan pengalaman berorganisasi di kampus atau komunitas lain.
  • Lakukan riset tentang budaya perusahaan yang dituju dan sesuaikan CV dengan gaya dan bahasa yang digunakan oleh perusahaan.

Hire Hub merupakan salah satu hasil dari proyek akhir kelompok mahasiswa Bangkit 2023.

Fitur CV di HireHub. [HireHub]Fitur CV di HireHub. [HireHub]

Sebagai platform pencarian tenaga kerja, HireHub menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pencari kerja maupun perusahaan.

Bagi pencari kerja, HireHub menyediakan fitur dengan dukungan machine learning untuk pengisian detail profil berdasarkan CV yang diunggah.

Sistem CV Parser akan membantu pelamar mengisikan profil di aplikasi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) secara otomatis.

Bagi perusahaan, HireHub menyediakan sistem rekomendasi kandidat berdasarkan filter memudahkan rekruter menemukan kandidat yang memenuhi kualifikasi perusahaan.

Cara Ganti Nomor WA di Akun WhatsApp yang Sama, Mudah Ikuti Langkah Ini

Rekruter dapat menyeleksi dan memberikan peringkat berdasarkan kategori usia, penguasaan bahasa, kemampuan, dan ekspektasi gaji, dari yang paling relevan hingga paling tidak relevan.

“Dengan kemudahan ini, kami berharap HireHub dapat menjadi platform andalan di Indonesia dalam mencari kerja dan tenaga kerja sesuai kebutuhan,” tutup Andelle.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #cara #bikin #curriculum #vitae #biar #menarik #perhatian

KOMENTAR