Mobil Alami Bocor Arus Listrik, Salah Satu Penyebab Aki Sering Tekor
Ilustrasi: Mobil mengalami bocor arus listrik sering jadi penyebab kenapa aki sering tekor. (ToolBoom)
15:00
13 Mei 2024

Mobil Alami Bocor Arus Listrik, Salah Satu Penyebab Aki Sering Tekor

- Mobil yang jarang dipakai tapi akinya sering tiba-tiba tekor. Itu kondisi yang sering dialami. Aki tekor bisa ditandai dengan mobil yang lama mati, kemudian saat ingin dinyalakan kembali akan sangat sulit.

Banyak faktor yang bisa bikin aki mobil jadi sering tiba-tiba tekor. Salah satu yang kerap dialami adalah kebocoran arus listrik. Seperti atap rumah, arus listrik di mobil juga bisa bocor. Kalau bocor, merepotkan.

Kebocoran arus listrik pada mobil sendiri adalah keadaan di mana terjadi konsumsi daya aki yang tidak dikehendaki oleh sistem. Sehingga arus yang pada mulanya tersimpan dalam aki terus menerus keluar dan terbuang tanpa guna.

Tentu hal tersebut menjadi pemborosan yang tidak dikehendaki. Apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus, selain jadi sering tekor, aki mobil juga akan cepat rusak. Oleh sebab itu.

Ada banyak faktor penyebab kebocoran arus listrik pada mobil. Dilansir dari laman resmi MG Motor, salah satu penyebab kebocoran arus listrik pada mobil adalah karena modifikasi perangkat elektronik.

Banyak sekali orang yang tertarik melakukan modifikasi pada mobil dengan tujuan mempercantik atau menambahkan fasilitas pendukung. Apakah kamu juga demikian? Kamu wajib berhati-hati jika sudah pernah melakukan modifikasi ini. Misalnya saja modifikasi berupa mengganti lampu, memasang head unit, menambahkan rear camera, maupun hal lainnya.

Memang, modifikasi sendiri merupakan hal populer dalam dunia otomotif. Masalahnya adalah tidak semua orang tahu kalau modifikasi bisa menyebabkan efek samping. Salah satu efek sampingnya ialah menyebabkan kebocoran arus. Sehingga akhirnya kamu perlu menerapkan cara cek kebocoran arus aki mobil.

Ketika melakukan modifikasi mungkin saja menambahkan rangkaian listrik dengan cara salah. Sehingga menyisakan banyak celah di sambungan kabel pada sistem kelistrikan. Akibatnya lebih mudah lagi terjadi kebocoran.

Penyebab kedua adalah adanya kerusakan rangkaian listrik pada mobil, maka sangat mungkin menyebabkan kebocoran arus.
Arus listrik pada aki lantas terbuang sia-sia. Sebab, adanya kerusakan di rangkaian listrik standar. Jadi, meskipun keadaan mesin matu atau kunci kontak dicabut, arusnya masih tetap mengalir keluar hingga menguras daya.

Terakhir, ketika ada masalah pada aki, juga sangat berpotensi menyebabkan kebocoran arus. Misalnya aki yang kotor dan memakai aki yang tidak disarankan juga bisa menjadi salah satu penyebab kebocoran arus listrik pada mobil.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #mobil #alami #bocor #arus #listrik #salah #satu #penyebab #sering #tekor

KOMENTAR