Mengenal Apa Itu USB OTG, Lengkap Penggunaannya
Ilustrasi USB type-C. [Unsplash/Samuel Angor]
11:48
10 Mei 2024

Mengenal Apa Itu USB OTG, Lengkap Penggunaannya

USB OTG (Universal Serial Bus On The Go) adalah standarisasi untuk koneksi USB yang memungkinkan suatu perangkat, seperti smartphone atau tablet, untuk membaca data dari koneksi USB tanpa memerlukan PC.

Fitur ini memungkinkan perangkat Android untuk berfungsi sebagai host dan terhubung dengan berbagai peripheral melalui slot USB. Dengan kemampuan host ini, smartphone atau tablet Anda dapat terhubung dan membaca data dari perangkat USB lain, seperti:

  • Flashdisk
  • Kamera digital
  • Keyboard
  • Mouse

Biasanya, port USB pada perangkat mobile berfungsi untuk mengisi daya atau menghubungkan perangkat ke komputer.  Namun, dengan teknologi USB OTG, fungsinya menjadi lebih luas.

Untuk menggunakan USB OTG, kamu memerlukan kabel khusus yang memiliki colokan USB standar di salah satu ujungnya dan colokan micro USB atau USB Type-C (sesuai dengan jenis port pada perangkat mobile kamu) di ujung lainnya.  

Dengan kabel ini, perangkat mobile kamu dapat membaca data dari perangkat USB yang terhubung. Berikut beberapa keuntungan menggunakan USB OTG:

Keuntungan Menggunakan USB OTG

  1. Memindahkan file dengan mudah
    Kamu dapat dengan mudah memindahkan foto, video, dokumen, dan file lainnya antara HP dan perangkat USB lainnya tanpa perlu perantara komputer.
  2. Menambah fungsionalitas
    Dengan menghubungkan keyboard atau mouse ke HP menggunakan USB OTG, kamu dapat mengetik dan mengontrol HP seperti layaknya menggunakan komputer.
  3. Praktis
    USB OTG mudah dibawa dan digunakan, sehingga kamu dapat memindahkan file di mana saja.

Jika ingin menggunakan USB OTG, pastikan perangkat Android kamu sudah mendukung fitur ini. Kamu bisa melihat informasi spesifikasi pada kotak smartphone atau tablet, atau menggunakan aplikasi bernama USB OTG Checker yang tersedia gratis di Google Play Store untuk memeriksa apakah perangkat kamu mendukung USB OTG atau tidak.

Kabel USB OTG yang termurah bisa kamu beli di toko komputer dengan harga sekitar Rp 15 ribuan. Selain kabel, saat ini ada juga USB OTG yang sudah termasuk alat penyimpanan seperti flashdisk.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu seharusnya dapat menggunakan USB OTG dengan mudah di perangkat Android kamu untuk memperluas fungsinya dan memudahkan transfer data. 

Kontributor : Pasha Aiga Wilkins

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #mengenal #lengkap #penggunaannya

KOMENTAR