Review Infinix Note 40 Pro+ 5G, Harga Rp 4 Jutaan Dapat Spesifikasi Begini, Nggak Salah?
Perangkat smartphone Infinix Note 40 Pro+ 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
08:24
9 Mei 2024

Review Infinix Note 40 Pro+ 5G, Harga Rp 4 Jutaan Dapat Spesifikasi Begini, Nggak Salah?

- Infinix menghadirkan varian 5G dari Note 40 Series yakni Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G. Secara segmen mengisi kelas menengah ke bawah namun spesifikasinya menggoda. Sebelum perangkat tersebut diluncurkan secara resmi ke pasaran, seperti biasa JawaPos.com sudah menjajal smartphone tersebut untuk pertama kalinya. Yang kami coba adalah varian tertinggi smartphone tersebut yakni Infinix Note 40 Pro+ 5G.

Dilempar ke pasaran dengan harga Rp 4 juta lebih sedikit, bagaimana pengalaman JawaPos.com mencoba smartphone ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Desain Overkill

Membahas pertama dari bagian desain, langsung saja kami berani simpulkan bahwa smartphone Infinix Note 40 Pro+ 5G ini dari aspek desain benar-benar "overkill" alias kelewatan untuk segmen harganya.

Kelewatan di sini konotasinya positif. Untuk harga Rp 4 juta, Infinix Note 40 Pro+ 5G ini hadir dengan desain layar curved, atau eranya Samsung dulu, layarnya edge. Dengan kata lain, smartphone ini memiliki layar melengkung di sisi-sisinya. Nggak nyangka.

Desain demikian sejatinya bukan hal baru bagi Infinix. Namun untuk Note 40 Pro+ 5G ini, mengingat harga dan paket penjualannya, hadir dengan layar curved benar-benar merupakan nilai tambah yang patut jadi pertimbangan konsumen.

Pada bagian belakang, casing smartphone ini hadir dengan material leather alias kulit. Tersedia dalam warna Obsidian Black (hitam) dan Vintage Green (hijau), smartphone ini tampil beda dengan sentuhan leather.

Unit yang kami coba berwarna hijau. Detail dari kulit di casing belakang Infinix Note 40 Pro+ 5G ini terasa halus. Mendetail. Kemudian masih di bagian belakang, ada modul kamera berbentuk square atau persegi yang memakan hampir seluruh bagian atas smartphone.

Kemudian, fitur AI Active Halo menjadi daya tarik lainnya, menambahkan elemen interaktif dengan lampu di bodi belakang. Fitur ini, yang menggabungkan kecerdasan buatan dan estetika, memungkinkan lampu menyala untuk notifikasi saat bermain game, mendengarkan musik, atau mengisi daya, meningkatkan pengalaman pengguna dengan sentuhan unik dan fungsional.

Saat digenggam, smartphone ini terasa halus hampir di semua sisi. Bezel atau area tepinya juga demikian. Tidak tajam karena layar curved mau tidak mau membuat bezel dibuat lebih tipis dan tidak menyudut.

Perangkat smartphone Infinix Note 40 Pro+ 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Smartphone ini enak digenggam, sungguh. Dengan dimensi 164,3 x 74,5 x 8,1 mm danbobot 190 gram, ditambah material casing belakang yang menggunakan leather bikin smartphone ini jadi terasa bersahabat dengan genggaman tangan. Ya, walaupun dalam beberapa situasi terasa agak licin. Tapi masih bisa ditolerir.

Pada sisi kiri Infinix Note 40 Pro+ polos. Tiga buah tombol berada semua di sisi kanan mulai dari tombol volume 'Up-Down' dan tombol power. Sementara di bagian bawah seperti biasa ada lubang-lubang yang merupakan speaker, microphone utama, port USB Type-C dan slot SIM Card.

Di bagian atas juga banyak lubang-lubang. Rinciannya, ada lubang speaker sekunder, microphone sekunder dan satu lubang yang tampaknya merupakan sensor inframerah. Ya, Anda tidak salah baca, smartphone ini memiliki dua buah speaker di atas dan bawah.

Menariknya lagi, speaker Infinix Note 40 Pro+ 5G didukung oleh JBL lengkap dengan emboss bertuliskan 'Sound by JBL'. Nggak salah, kan, kalau di awal smartphone ini sudah kami sebut overkill.

Seperti biasa dalam kemasan Infinix Note 40 Pro+ 5G ini sangat lengkap, selain perangkat charger dan SIM ejector, smartphone ini juga dilengkapi dengan aksesori casing pelindung yang bermaterial leather dan sudah mendukung wireless charging.

Kemudian ada juga antigores berupa tempered glass hanya saja belum terpasang. Dalam paket penjualannya, Infinix Note 40 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan aksesori wireless charger yang menjadi aksesori resmi Infinix. Gila, lengkap banget.

Layar Sudah AMOLED

Rampung desain yang menurut kami overkill, geser ke area visual yang nggak kalah bikin kami keheranan juga. Infinix Note 40 Pro+ 5G, begitu juga dengan varian di bawahnya yakni Note 40 Pro 5G biasa, hadir memberikan pengalaman visual yang menakjubkan dengan layar 3D Curved berpanel AMOLED.

Benar. AMOLED. Nggak salah baca lagi. Layar AMOLED ini menjamin kejernihan konten yang istimewa. Dengan refresh rate hingga 120Hz, keduanya responsif saat bermain game, sementara touch sampling rate 360Hz memastikan pengalaman scroll konten yang halus.

Untuk kekuatan dan daya tahan, keduanya dilapisi dengan Corning Gorilla Glass yang tahan benturan, memberikan ketenangan pikiran kepada pengguna dalam penggunaan sehari-hari. Selain itu, TUV Rheinland Eye Certification memberikan perlindungan tambahan bagi kenyamanan mata pengguna.

Detail lainnya dari area layar, Infinix Note 40 Pro+ 5G mengusung layar AMOLED 3D-Curved alias melengkung berukuran 6,78 inci dengan resolusi 1080 x 2436 piksel, refresh rate 120Hz, touch sampling rate 360Hz, kecerahan 1.300 nits. Ya, kan, nggak salah kami sebut overkill.

Perangkat smartphone Infinix Note 40 Pro+ 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dari sisi visual, layar AMOLED tidak akan membuat kami berkomentar banyak. Semua sudah tahu kalau jenis panel layar demikian memang nggak ada lawan. Unggul jauh dengan panel layar lainnya seperti LCD yang biasa hadir di smartphone murah sejenisnya.

Interaksi dengan layarnya terasa smooth dalam berbagai skenario penggunaan. Kerja sehari-hari oke. Main game? Ayo. Untuk bikin konten melalui kamera foto dan videonya? Enteng. Pokoknya layar AMOLED bisa dibanggakan dalam berbagai penggunaan.

Sebagai bonus juga, Infinix Note 40 Pro+ 5G ini sudah membawa rating IP53 untuk tahan cipratan air dan debu. Faktor ketahanan ini sekarang juga jadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih smartphone. Buat apa keren kalau ringkih? Iya, kan?

Performa Didukung MediaTek Dimensity 7020 5G

Salah satu spesifikasi terbaru dari Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G adalah dukungan chipset MediaTek Dimensity 7020 5G 6nm. MediaTek Dimensity 7020 dilengkapi dengan teknologi gaming MediaTek HyperEngine 5.0 Lite yang menjamin pengalaman gaming yang superior melalui manajemen multi-jaringan yang cerdas untuk mengurangi latensi, serta memprioritaskan paket data untuk gaming.

Dengan proses produksi chip TSMC N6 (kelas 6nm), Dimensity 7020 bisa memberikan efisiensi yang tinggi dalam penggunaan daya, sehingga memperpanjang durabilitas baterai. Kendati dayanya "direm", performa smartphone ini masih bisa menampilkan kinerja terbaiknya.

Tidak hanya itu, Dimensity 7020 yang mendukung jaringan 5G memungkinkan akses cepat di jaringan 5G dengan pengalaman gaming, panggilan suara dan streaming video yang semakin mulus. Teknologi MediaTek 5G UltraSave pun siap untuk memastikan efisiensi penggunaan daya yang optimal pada konektivitas 5G untuk Note 40 Pro dan Note 40 Pro+ 5G.

RAM 8GB yang tertanam di Note 40 Pro 5G dan RAM 12GB yang sudah tersemat di Note 40 Pro+ 5G menambah kecepatan pemrosesan smartphone. Tak hanya itu, sisi storage juga sudah disematkan ruang penyimpanan sebesar 256GB.

Screenshot performa Infinix Note 40 Pro+ 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dari sisi performa, selain dipergunakan sehari-hari dan terasa lancar, smartphone ini juga kami lakukan uji benchmark. Seperti biasa, uji benchmark kami lakukan dengan aplikasi AnTuTu Benchmark dan PC Mark. Hasilnya? Dengan AnTuTu Benchmark, smartphone ini bisa mencatat skor 476713 sementara menggunakan PC Mark mencatat skor 11559.

Melihat hasilnya yang cukup diatas rata-rata smartphone di kelas yang sama, Infinix Note 40 Pro+ 5G ini juga unggul dalam urusan grafis dan pengalaman bermain game. Hampir beberapa game berat seperti PUBG Mobile, Mobile Legends dan Kenshin Impact yang terkenal berat, bisa dihandle dengan mudah oleh smartphone ini.

Masih dari sisi performa, audio smartphone ini juga enak banget didengar. Sebab itu tadi, speaker dilengkapi dengan dukungan JBL yang memberikan kesan surround sound yang benar-benar nyaman di telinga, pas tidak hanya untuk main game, tapi juga untuk mengkonsumsi konten streaming dan film. Mantap.

Baterai dan Fitur Penunjang Lengkap

Infinix memprioritaskan aspek manajemen daya sebagai salah satu keunggulan utama, dengan menghadirkan All-Round FastCharge 2.0 dan chip manajemen daya Cheetah X1. Chip besutan Infinix ini menggabungkan deteksi daya yang lebih presisi, deteksi tegangan yang aman, serta mendukung berbagai skenario pengisian daya untuk memastikan baterai yang lebih efisien dan optimal.

Pengguna dapat memilih di antara tiga skenario charging: low-temp, smart, dan hyper charging saat mengisi baterai Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G. Metode pengisian daya, baik secara konvensional maupun nirkabel, sudah kompatibel dengan Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G.

Infinix Note 40 Pro 5G didukung dengan 45W FastCharge 2.0, sementara Note 40 Pro+ 5G bahkan mendukung pengisian daya fast charging hingga 100W. Kedua seri ini juga memiliki fitur 20W Wireless MagCharge untuk pengalaman charging yang praktis.

Kemampuan charging di Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G mencakup Bypass Charging 2.0 yang memungkinkan pengguna tetap menggunakan smartphone saat dalam proses pengisian daya. Selain itu, dukungan protokol PD3.0 juga membuat perangkat charging kompatibel untuk mengisi daya laptop.

Baterainya tidak hanya mampu terisi cepat, tapi juga kuat dan tahan lama. Saat menjadi teman sehari-hari kami untuk bekerja, mengakses media sosial dan main game, smartphone Infinix Note 40 Pro+ 5G ini bisa bertahan seharian full tanpa butuh charger.

Untuk fitur keamanan juga lengkap. Infinix Note 40 Pro+ 5G ini hadir dengan fitur under display fingerprint scanner sebagai fitur keamanan biometrik. Selain itu ada juga fitur pemindai wajah untuk tambahan keamanan lainnya berdampingan dengan fitur standar seperti pola dan kata sandi. Lengkap banget.

Sistem operasi smartphone ini adalah XOS 14 berbasis Android 14. Fitur lainnya yakni dual SIM, 5G, dual speaker hasil kerja sama dengan JBL, NFC dan Infrared blaster. Benar-benar lengkap untuk harga Rp 4 jutaan.

Fotografi Jempolan

Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G sudah ditingkatkan kemampuan fotografinya lewat kamera utama 108 MP yang sudah dipasangkan dengan 3x Lossless Superzoom untuk menangkap lanskap perkotaan yang indah. Kameranya juga sudah dipersenjatai oleh OS (Optical Image Stabilization) untuk menghasilkan foto dan video tanpa blur.

Fitur fotografi lainnya juga tak kalah menarik untuk digunakan oleh pengguna. Seperti kamera selfie 32 MP dengan fitur beauty, Super Night untuk foto malam hari tanpa noise, dan Dual Video untuk penggunaan kamera depan dan belakang secara bersamaan yang bermanfaat saat aktivitas vlogging.

Saat dipakai, hasil dari kamera smartphone ini masih enak dilihat. Hasilnya memang terasa di enhanced dengan dukungan komputer, namun tidak berlebihan. Masih oke untuk dilihat mata atau diabadikan dalam album foto fisik yang dicetak sebagai kenang-kenangan.

Perangkat smartphone Infinix Note 40 Pro+ 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Detail gambar yang diberikan juga mantap. Tajam, teliti. Hal ini dibuktikan dengan mode 'Super Makro' yang kami gunakan untuk memotret bunga yang sedang mekar. Detail kelopaknya tajam. Bahkan putik sari dari bunga bisa ditangkap yang sedang diambil sarinya oleh semut-semut tumbuhan.

Sementara dalam skenario pemotretan malam hari, smartphone ini juga masih mumpuni berkat fitur 'Super Malam'. Kemudian dalam mode lainnya ada juga mode 'Pro' dan mode lainnya yang bisa dipilih lengkap dengan plugin filter yang bisa digunakan.

Untuk bikin video, dukungan yang diberikan smartphone ini untuk keperluan kreator konten juga terbilang lengkap. Untuk perekaman, Infinix Note 40 Pro+ 5G ini mendukung perekaman mulai dari 720p 30 fps, 1080p 30 fps, 1080p 60 fps sampai mentok di format 2K 30 fps. Gila, kan?

Kesimpulan

Berbekal spesifikasi demikian yang sudah kami jelaskan di atas, Infinix Note 40 Pro+ 5G ini berdasarkan pengamatan kami di pasaran, menjadi smartphone dengan spesifikasi paling gahar yang meluncur sejauh ini. Belum ada lawan.

Harga terjangkau. Paket penjualannya lengkap dengan bonus aksesori Infinix MagKit untuk keperluan wireless charging. Benar-benar lengkap dan pastinya bisa menggoda konsumen yang tak lain adalah anak muda.

Sepekan lebih menjajal smartphone ini, kami tidak menemukan kendala sama sekali. Performanya halus dalam berbagai sektor. Menyenangkan. Desainnya juga oke meski kami kurang suka area housing kamera utamanya yang mendominasi bagian belakang smartphone ini.

Sisanya no worries. Smartphone ini bisa dan layak dibanggakan untuk segmen harganya. Yang kami heran, Infinix menjual seri Note 14 Pro+ 5G dibekali paket penjualannya lengkap, bonus wireless charger, spesifikasi mantap, tapi harganya terjangkau.

Berikut hasil kamera smartphone Infinix Note 40 Pro+ 5G dalam berbagai skenario penggunaan:


Foto-foto: Rian Alfianto/JawaPos.com

Editor: Edy Pramana

Tag:  #review #infinix #note #harga #jutaan #dapat #spesifikasi #begini #nggak #salah

KOMENTAR