Cara Mengatur Ulang AirPods Apple dengan Mudah
Ilustrasi Apple AirPods. [Shutterstock]
07:40
8 Mei 2024

Cara Mengatur Ulang AirPods Apple dengan Mudah

Jika AirPods Apple milik pengguna mengalami masalah, seperti kesalahan audio atau pengguna perlu menghapus AirPods dari ekosistem Apple, maka pengguna harus mengatur ulang earbuds tersebut.

Menyetel ulang AirPods adalah cara yang mudah. Berikut ini panduan lengkap untuk mengatur ulang AirPods dan AirPods Pro:

1. Masukkan AirPods ke dalam wadah pengisi daya

Ambil wadah pengisi daya dan letakkan AirPods di dalamnya. Ini juga berlaku untuk AirPods Pro, yang instruksi pengaturan ulangnya sama.

Tutup casingnya, dan tunggu sekitar 30 detik hingga satu menit. Apple menyarankan melakukan hal ini agar jika salah satu AirPods kehilangan seluruh masa pakai baterai, earbuds dapat mengisi ulang sedikit.

Jika baterai casing hampir habis, ada baiknya untuk mengisi dayanya sebelum mencoba mengatur ulang.

2. Aktifkan dan putuskan pemasangan AirPods

Siapkan perangkat Apple yang pengguna pasangkan dengan AirPods. Buka casing AirPods sehingga perangkat Apple dapat merasakannya, lalu masuk ke Settings.

Jika pengguna menggunakan iPhone yang menjalankan iOS 16 atau lebih baru, selama pengguna telah memasangkan AirPods setidaknya sekali, akan ada tab AirPods khusus yang dapat pengguna pilih, tepat di bawah Apple ID.

Untuk melakukan reset, cukup pilih tab, lalu ketuk lambang I berwarna biru di sebelah nama AirPods pengguna. Lalu, pilih opsi Forget this device.

Jika pengguna menggunakan iPhone yang belum menjalankan iOS 16, langkah-langkah berikut memungkinkan pengguna mengatur ulang AirPods.

Di Settings, buka Bluetooth dan temukan AirPods yang terhubung. Pilih tombol I berwarna biru di sebelahnya. Pilih opsi untuk Forget this device. Konfirmasikan keputusan tersebut, dan ketika AirPods pengguna tidak lagi terhubung, atur perangkat Apple di ruangan lain dan kembali ke AirPods.

Ilustrasi AirPods dan laptop. [Unsplash/Pablo Figueroa]Ilustrasi AirPods. [Unsplash/Pablo Figueroa]

3. Selesaikan pengaturan ulang

Biarkan penutup casing AirPods tetap terbuka. Temukan lampu indikator untuk mengawasinya. Lampu ini biasanya terdapat di bagian depan casing pada sebagian besar model AirPods.

Setelah itu, buka bagian belakang AirPods dan temukan tombol Setup. Ini adalah tombol kecil berbentuk lingkaran di bawah penutup casing, ditandai dengan garis samar.

Tekan dan tahan tombol Setup. Pengguna akan dapat merasakan saat tombol tersebut ditekan. Tahan terus tombolnya dan perhatikan lampu indikator pada wadah pengisi daya, yang akan mulai berkedip putih.

Setelah sekitar 15 detik, pengguna akan melihat lampu berkedip kuning, lalu berubah menjadi putih. Jika ini terjadi, pengguna dapat melepaskan tombol pengaturan. AirPods sekarang telah disetel ulang.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat mengatur ulang AirPods Apple dengan mudah.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mengatur #ulang #airpods #apple #dengan #mudah

KOMENTAR