Gaikindo Amini Kehadiran Merek Otomotif Tiongkok Makin Massif di Indonesia, tapi Bukan Ancaman
Ilustrasi: GWM, salah satu merek otomotif pendatang baru dari Tiongkok yang mengumumkan ekspansinya di Indonesia. (RianAlfianto/JawaPos.com).
21:44
6 Mei 2024

Gaikindo Amini Kehadiran Merek Otomotif Tiongkok Makin Massif di Indonesia, tapi Bukan Ancaman

- Seperti halnya produk elektronik semisal smartphone dan gadget lainnya, invasi Tiongkok ternyata juga melebar ke kategori bisnis lainnya. Sukses dan diterima dengan baik oleh masyarakat di kategori elektronik rumah tangga, Tiongkok kini menarget Indonesia sebagai salah satu negara ekspansi di bidang otomotif.   Kehadiran merek Tiongkok di bidang otomotif nggak hanya "perasaan" saja. Nyata adanya. Banyak. Merek-merek otomotif pendatang baru mayoritas hadir dari Tiongkok, baik itu untuk kategori kendaraan listrik, atau kendaraan bermesin pembakaran konvensional.   Soal kehadiran merek baru pendatang Tiongkok juga diamini oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo. Gaikindo menilai bahwa kehadiran merek Tiongkok ini memang semakin massif menyerbu pasar Tanah Air belakangan ini.  

  "Pasar kendaraan di Indonesia masih sangat potensial dan menarik bagi produsen kendaraan bermotor dunia, oleh karena itu semakin banyak merek kendaraan bermotor yang berusaha membangun pasarnya di Indonesia," kata   Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi di jumpa pers persiapan GIIAS 2024 di Jakarta, Senin (6/5).   Nangoi melanjutkan, kehadiran merek otomotif Tiongkok di Indonesia tak lepas dari karakteristik Indonesia yang merupakan negara berkembang. Tak heran, pasar di Indonesia dianggap "seksi" untuk digarap.   "Indonesia merupakan salah satu pusat ekonomi besar di Asia Tenggara, dengan kaum muda mendominasi mayoritas dari 275 juta penduduknya, Indonesia menjadi pasar mobil yang sangat potensial dan dinamis, sehingga sangat menarik bagi para produsen kendaraan bermotor global,” lanjut Nangoi.  

  Hal tersebut menurut Nangoi dapat dilihat dari realisasi nilai investasi industri otomotif Indonesia yang terus meningkat dengan masuknya merek-merek kendaraan baru. Namun demikian, menurut Nangoi, bagi Gaikindo, kehadiran merek Tiongkok yang massif bukanlah menjadi ancaman.   "Saat ini produsen mobil global khususnya dari Tiongkok terus bidik pasar Indonesia, dan mereka semangat berinvestasi guna membangun pabrik dan infrastrukturnya di Tanah Air. Bagi Gaikindo ini tentu menjadi hal yang sangat positif bagi perkembangan industri otomotif Indonesia,” tandas Nangoi.    Terkait dengan banyaknya merek-merek kendaraan bermotor baru yang masuk pasar Indonesia, dan juga perkembangan teknologi otomotif yang kian masif, Gaikindo juga memastikan terus berusaha menaungi dan menjadi penghubung antara industri kendaraan bermotor Indonesia dengan pemerintah, sehingga dapat berkontribusi maksimal untuk negara. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #gaikindo #amini #kehadiran #merek #otomotif #tiongkok #makin #massif #indonesia #tapi #bukan #ancaman

KOMENTAR