Bocoran Waktu Perilisan Snapdragon 8 Gen 4, Hadirkan Performa Kencang
Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon. [Qualcomm]
11:00
4 Mei 2024

Bocoran Waktu Perilisan Snapdragon 8 Gen 4, Hadirkan Performa Kencang

Snapdragon 8 Gen 3 mempunyai reputasi cukup baik sebagai chipset HP flagship. Qualcomm diharapkan merilis generasi penerus yaitu Snapdragon 8 Gen 4 dalam waktu dekat.

Leaker populer Digital Chat Station (DCS) baru-baru ini membocorkan perkembangan Snapdragon 8 Gen 4 di Weibo. Ia memprediksi bahwa Snapdragon 8 Gen 4 akan debut pada Oktober 2024.

Apabila bocoran benar, itu berarti Qualcomm mempertahankan siklus tahunan dari perilisan chipset Snapdragon sebelumnya. Sebagai pengingat, Snapdragon 8 Gen 3 juga meluncur pada Oktober 2023.

DCS membagikan bocoran benchmark Snapdragon 8 Gen 4 sehingga sebagian fitur CPU terungkap. Benchmark tersebut didasarkan pada sampel rekayasa frekuensi rendah dari Snapdragon 8 Gen 4.

Perlu diketahui, itu adalah praktik yang biasa dilakukan karena chipset pada tahap awal sering kali berjalan pada kecepatan lebih rendah untuk menguji stabilitasnya. Angka pada Geekbench kemungkinan bukan merupakan indikasi kinerja akhir chipset tersebut.

Dikutip dari 91Mobiles, leaker mengungkap bahwa Snapdragon 8 Gen 4 akan mempunyai arsitektur inti "2+6". Angka "2" bisa jadi merupakan core berkinerja tinggi, yang mungkin memiliki clock speed 3,6 GHz hingga 4,0 GHz.

Inti "6" lainnya kemungkinan merupakan core efisiensi tetapi rincian clock speed belum diketahui sejauh ini. Digital Chat Station mengklaim bahwa Snapdragon 8 Gen 4 mencetak tes single-core sebesar 2.700 poin di Geekbench. Tes multi-core dari chipset premium ini mencapai 10 ribu poin.

Berdasarkan bocoran sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 4 akan memiliki enam core Oryon. Core utamanya kemungkinan mempunyai clock-speed 4 GHz. Tentu itu lebih kencang dibanding 3.3 GHz milik Snapdragon 8 Gen 3.

Tangkapan layar dari forum Voz.vn memperlihatkan perangkat misterius yang diduga mengandalkan chipset Snapdragon 8 Gen 4. Smartphone berhasil mencetak skor AnTuTu sebesar 3.133.570 poin. Ini menyiratkan bahwa Snapdragon 8 Gen 4 menawarkan performa super kencang. Sebagai perbandingan, skor AnTuTu Snapdragon 8 Gen 3 "hanya" mampu menembus 2.079.542 poin.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #bocoran #waktu #perilisan #snapdragon #hadirkan #performa #kencang

KOMENTAR