Ambil Momen Hari Pendidikan Nasional, Google Bikin Pelatihan AI Khusus untuk Guru
Ilustrasi Google sediakan pelatihan AI untuk guru. (Istimewa)
08:48
3 Mei 2024

Ambil Momen Hari Pendidikan Nasional, Google Bikin Pelatihan AI Khusus untuk Guru

Google menghadirkan berbagai inovasi dengan teknologi AI Generatif yang dapat membantu menghemat waktu dalam mengerjakan tugas sehari-hari. Seperti mempersonalisasi, menyempurnakan, hingga merumuskan aktivitas mengajar secara kreatif.

Namun, tidak semua guru memiliki keahlian menggunakan teknologi. Oleh karena itu, pakar AI Google bekerja sama dengan MIT RAISE menghadirkan pelatihan daring yang bisa diikuti guru secara gratis. 

Pelatihan itu merupakan pembelajaran mandiri yang fleksibel, dan hanya memerlukan waktu dua jam untuk menyelesaikannya. Para guru yang mengikuti pelatihan akan belajar berbagai pengalaman praktis langsung dari guru lintas disiplin ilmu tentang bagaimana menggunakan teknologi AI Generatif sehari-hari. 

Gemini, sebagai contoh, merupakan alat AI generatif yang digunakan dengan perintah percakapan. Dengan kata lain, ketika meminta sesuatu pada alat AI, alat itu akan merespons permintaan. 

Sepanjang pelatihan, guru diajak untuk menemukan strategi terbaik bekerja dengan alat AI, juga berlatih menggunakan alat tersebut untuk merencanakan dan memperbarui pelajaran, menyiapkan materi pengajaran, mengelola tugas administratif di belakang layar, dan lainnya.

Program pelatihan AI yang diberikan Google untuk para guru merupakan upaya mendorong produktivitas dan kemampuan guru di Hari Pendidikan Nasional. Pada tahun ini, Hardiknas jatuh pada Kamis (2/5).

Meskipun bukan termasuk hari libur nasional, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tetap dirayakan secara luas dalam bentuk upacara bendera oleh para pelajar di berbagai intensitas pendidikan seperti PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa perguruan tinggi.

Momentum itu tidak hanya menjadi penghormatan kepada Bapak Pendidikan Nasional sebagai pelopor pendidikan di Nusantara, namun mencerminkan komitmen penerus bangsa untuk melanjutkan pengembangan sistem pendidikan merata dan bermutu tinggi.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #ambil #momen #hari #pendidikan #nasional #google #bikin #pelatihan #khusus #untuk #guru

KOMENTAR