2 Cara Melacak Lokasi dengan Nomor HP, Solusi Cepat Mencari Ponsel yang Hilang!
Cara Melacak Lokasi dengan Nomor HP, Solusi Cepat Mencari Ponsel yang Hilang! (Freepik)
17:48
1 Mei 2024

2 Cara Melacak Lokasi dengan Nomor HP, Solusi Cepat Mencari Ponsel yang Hilang!

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kehidupan manusia menjadi semakin mudah. Salah satunya yaitu melihat lokasi terkini cukup dengan menggunakan nomor HP. Bisa dilakukan siapa saja, simak cara melacak lokasi dengan nomor HP

Terdapat beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui lokasi orang lain, baik itu pasangan, teman maupun keluarga. Selain melacak lokasi seseorang, cara ini juga bisa dilakukan untuk mencari HP yang hilang. Sebagai syarat utamanya, kita harus mengetahui nomor HP orang yang dicari. 

Lantas bagaimana cara melacak lokasi seseorang dengan nomor HP? Ketahui langkah-langkahnya berikut ini. 

Cara Melacak Lokasi dengan Nomor HP 

Cara melacak lokasi seseorang dengan nomor HP pada dasarnya cukup mudah. Pengguna dapat memanfaatkan salah satu fitur bawaan yang telah disediakan oleh aplikasi Google Maps, yaitu fitur Location Sharing atau berbagi lokasi. 

Adapun penjelasan lebih detail tentanh cara melacak lokasi orang dengan nomor HP menggumakan fitur Location Sharing di Google Maps yakni sebagai berikut: 

1. Ketahui kontak seseorang yang hendak dipantau keberadaannya untuk membagikan lokasi terkininya leway fitur Location Sharing di Google. 

2. Untuk membagikan lokasi dengan fitur Location Sharing, caranya yaitu buka aplikasi Google Maps di HP dan klik ikon foto profil. 

3. Setelah itu, pilih menu “Location Sharing” dan “Share Location”. 

4. Selanjutnya, atur berapa lama informasi lokasi terkini yanh dibagikan, mulai dari 1 jam sampai 1 hari. 

5. Berikutnya, minta orang tersebut membagikan informasi lokasi terkini ke nomor HP Anda. 

6. Informasi lokasi terkini melalui fitur Location Sharing di Google Maps akan terkirim dalam bentuk tautan. 

7. Apabila sudah dibagikan, maka Anda bisa klik tautan tersebut untuk melihat informasi lokasi terkini di Google Maps yang dibagikan. 

8. Ketika tautan itu diklik, maka leta dalam Google Maps bakal terbuka dan menunjukkan titik lokasi terkini dari kontak ataupun nomor HP seseorang. 

9. Selain melihatnya, pengguna juga dapat berbagi balik informasi lokasi terkininya ke kontak itu. Saat membuka Location Sharing di Google Maps dari orang lain, maka pengguna bisa memilih opsi “Share Location with” untuk berbagi balik informasi lokasi terkininya. 

Saat lokasi terkini dibagikan, pengguna sudah dapat memantau keberadaan orang di Google Maps secara real-time. Informasi lokasi terkini tersebut bakal berhenti dibagikan di Google Maps saat durasinya habis atau seseorang yang mengirim menghentikannya. 

Coba Gunakan Whatsapp Web

Selain dari Google Maps, cara melacak lokasi orang lain bisa menggunakan WhatsApp Web. Berikut adalah langkah-langkahnya: 

• Buka WhatsApp Web 

• Masuk ke dalam pesan orang yang ingin dilacak lokasinya. Bisa juga meminta orang itu mengirimkan pesan lagi, bila pesan terakhir sudah tidak ada. Hal ini berguna untuk mendapatkan alamat IP orang yang ingin dilacak. 

• Selanjutnya tekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Kombinasi ini akan membuat Anda masuk ke dalam Task Manager. 

• Lalu, klik Windows+R bersamaan. 

• Tekan cmd dan ketuk tombol Enter 

• Saat command prompt sudah muncul, maka klik netstat dan tekan Enter 

• Catat alamat IP yang sudah muncul 

• Terakhit menuju ke alamat https://www.ip-adress.com/ip_tracer/ lalu lacak lokasi orang itu dengan memasukkan alamat IP yang sudah didapatkan sebelumnya. 

Nah, demikianlah ulasan tentang cara melacak lokasi dengan nomor HP. Bagaimana cukup mudah bukan? 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #cara #melacak #lokasi #dengan #nomor #solusi #cepat #mencari #ponsel #yang #hilang

KOMENTAR