Tes Kecepatan WiFi Kamu Pakai Link Ini, Cara Pakainya Mudah dan Gratis!
Tes Kecepatan WiFi Pakai Link Ini, Cara Pakainya Mudah dan Gratis! (freepik)
17:32
1 Mei 2024

Tes Kecepatan WiFi Kamu Pakai Link Ini, Cara Pakainya Mudah dan Gratis!

Semakin maraknya layanan streaming, war tiket, dan hal-hal lain yang memang hanya bisa diakses melalui internet tentu membuat kecepatan WiFi menjadi hal penting. Untungnya, saat ini tes kecepatan WiFi sudah bisa dilakukan dengan mudah. Sudah tahu cara tes kecepatan WiFi?

Pasalnya, meski menggunakan provider yang sama, kecepatan WiFi setiap orang bisa berbeda. Hal ini dikarenakan kecepatan WiFi dipengaruhi oleh banyak hal, seperti jumlah pengguna, lokasi WiFi, bandwidth, dan masih banyak lagi.

Link tes kecepatan WiFi

Tanpa perlu memanggil teknisi provider WiFi Anda, berikut adalah beberapa WiFi yang bisa mencari tahu kecepatan internet Anda secara gratis.

  1. Fast.com.
  2. Speedtest by Ookla.
  3. Sppedcheeck speed test
  4. nPerf speed test
  5. Speed One
  6. Speedtest CBN.
  7. OpeenSpeedTest
  8. MyRepublic
  9. Speed Test WiFi Analyzer

Cara menggunakan tes kecepatan WiFi

Selain menggunakan beberapa tools di atas, Anda juga bisa menggunakan GooGle Speed Test yang merupakan layanan resmi dari Google.

Berikut adalah cara menggunakan Google Speed Test dan link lainnya.

  • Demi hasil terbaik, tutup semua aplikasi dan perangkat lain sebelum menjalankan tes kecepatan WiFi.
  • Jika ingin melakukan tes kecepatan WiFi menggunakan koneksi label, pastikan perangkat Anda sudah terhubung dengan port LAN 10G perak di bagian belakang router atau Jack Fiber. Namun, jika hanya menggunakan jaringan WiFI, cukup pastikan bahwa perangkat Anda sudah terkoneksi.
  • Buka browser lalu masuk ke situs https://fiber/google.com/speedtest ata salah satu link di atas.
  • Klik tombol “GO” untuk mulai uji kecepatan. Pada saat it, google speedtest akan mengukur kecepatan unduh terlebih dahulu lalu diikuti kecepatan unggah.

Setelah beberapa saat, Anda akan melihat laporan tentang kecepatan unduh dan unggah WiFi Anda serta informasi tentang ping. Ping adalah satuan ukuran tentang seberapa cepat perangkat mendapat respon dari server (lebih rendah lebih baik).

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan informasi tentang jitter, pengukur fluktuasi kecepatan pengiriman data (lebih cepat lebih baik).

Setiap kali Anda melakukan tes kecepatan WiFi hasil yang diberikan mungkin berbeda-beda karena berbagai hal. Jika Anda merasa kecepatannya terlalu rendah, hubungi provider penyedia.

Nah, itulah beberapa link tes kecepatan WiFi dan cara menggunakannya yang mudah dan juga gratis. Selamat mencoba!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #kecepatan #wifi #kamu #pakai #link #cara #pakainya #mudah #gratis

KOMENTAR