Kumpulan Mitos soal Android dari HP Murah hingga Kamera Jelek, Apa Benar?
Ilustrasi HP Android. Foto: Redmi Note 13 Pro Plus 5G edisi Xiaomi Fan Festival (XFF) dikenalkan ke Indonesia pada Kamis (18/4/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]
13:16
1 Mei 2024

Kumpulan Mitos soal Android dari HP Murah hingga Kamera Jelek, Apa Benar?

HP Android seringkali dianggap sebelah mata oleh pengguna iPhone. Banyak yang mengira kalau Android kalah telah ketimbang ponsel milik Apple tersebut.

Bahkan tak jarang Android disebut sebagai HP murah dengan kamera jelek. Tapi kenyataannya, Android kini sudah mulai berkembang sebagai HP yang justru mampu bersaing dengan Apple.

Berikut kumpulan mitos soal HP Android yang seringkali dianggap benar oleh pengguna iPhone Apple, dikutip dari Android Authority, Rabu (1/5/2024).

HP Android harganya murah

Ini adalah salah satu mitos paling banyak diutarakan pengguna iPhone. Memang benar kalau HP Android dulu banyak yang murah seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dan lain-lain.

Tapi sekarang HP Android sudah mulai mahal. Harga Xiaomi 14 misalnya, di Indonesia dijual Rp 13 juta. Ada pula HP lipat Samsung Galaxy Z Fold 5 yang varian ROM 1TB dibanderol Rp 30 juta.

Android tidak awet

Mitos lainnya adalah HP Android dituding tidak awet. Pendapat ini muncul awal tahun 2010-an karena Android dinilai makin lemot saat dipakai bertahun-tahun.

Tapi sekarang berubah. Android pelan-pelan mulai menawarkan fitur yang mampu membuat ponsel tetap awet. Sistem operasinya pun makin berkembang setelah bertahun-tahun dipakai.

Namun perlu dicatat juga kalau iPhone juga tertinggal dalam hal awet baterai. Apple mengatakan kalau baterai iPhone akan turun hingga 80 persen setelah 500 kali charger.

Artinya, seri iPhone 14 bakal boros ketika sudah 500 kali charger. Tapi di seri iPhone 15, Apple mengklaim kalau kapasitas 80 persen baru berkurang jika 1.000 kali diisi daya.

Sementara itu merek Android seperti Realme, Vivo, dan Oppo sudah berjanji kalau baterai ponsel mereka akan turun 80 persen setelah charger hingga 1.600 kali. Xiaomi pun sama, di mana baterai berkurang 80 persen saat charger hingga 800 kali dengan adaptor 120W atau 200W.

Android jarang kasih update

Mitos lainnya adalah HP Android jarang kasih update OS alias pembaruan sistem operasi. Hal ini memang valid, tapi itu satu dekade lalu.

Kala itu banyak HP Android hanya mendapatkan update OS paling lama dua tahun. Tapi sekarang HP Samsung pun sudah memperoleh update OS paling lama hingga tujuh tahun.

Sayangnya, beberapa HP Android seperti Asus, Realme, atau Xiaomi masih mendapatkan update OS singkat. Tapi itu berlaku untuk HP murah saja.

Kamera iPhone lebih cakep

iPhone Apple memang tak diragukan lagi sebagai ponsel dengan kamera terbaik. Tapi itu dulu, sekarang banyak HP Android yang kameranya bisa bersaing dengan iPhone.

Misalnya, Google Pixel 8 Pro kini memiliki kamera yang unggul ketimbang iPhone 15 Pro Max. Bahkan Android justru lebih banyak membawa fitur inovatif seperti zoom, ultrawide, dan lain-lain yang biasanya jarang di iPhone.

Kendati begitu iPhone masih lebih baik untuk merekam video dari aplikasi langsung, misalnya Instagram. Kini Samsung pelan-pelan mulai bekerja sama dengan Snapchat dan IG agar kameranya lebih baik saat dipakai di aplikasi itu.

OS Android ribet

Poin ini sebenarnya tergantung persepsi. Banyak pengguna iPhone yang suka kebingungan dengan tampilan antarmuka Android, begitu pula sebaliknya.

Contoh, iPhone lebih simpel karena menggunakan gestur dari atas ke bawah untuk keluar aplikasi. Sedangkan Android memencet tombol 'back' yang ada di bagian bawah.

Tapi sekarang banyak HP Android yang mengadopsi gesture seperti iPhone. Bahkan Xiaomi kini membawa antarmuka HyperOS yang justru mirip seperti iOS Apple.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #kumpulan #mitos #soal #android #dari #murah #hingga #kamera #jelek #benar

KOMENTAR