Setir Mobil Anda Terasa Berat? Ketahui Penyebab Beserta Cara Mengatasinya, Tak Perlu Panik
Ilustrasi setir mobil. (Freepik)
12:56
29 April 2024

Setir Mobil Anda Terasa Berat? Ketahui Penyebab Beserta Cara Mengatasinya, Tak Perlu Panik

- Saat mengemudi tiba-tiba setir mobil terasa berat dan sulit untuk diputar. Situasi ini tentu dapat menimbulkan kekhawatiran dan kebingungan. Setir atau kemudi mobil memiliki peran penting dalam keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Masalah tersebut sering terjadi pada sistem kemudi mobil, terutama pada mobil yang sudah cukup tua. Jika tidak segera ditangani, masalah ini dapat mengganggu performa berkendara Anda.

Untuk itu, perlu diketahui mengapa hal tersebut terjadi dan apa yang harus dilakukan, simak artikel ini. Dilansir dari laman resmi Suzuki dan Daihatsu, inilah penyebab dan cara mengatasi setir mobil Anda jika terasa berat:

Ban Kurang Tekanan Angin

Kendaraan yang sulit dikemudikan mungkin disebabkan oleh tekanan ban yang rendah. Tekanan yang kurang ini membuat kemudi menjadi berat dan mengakibatkan getaran saat mobil direm, yang bisa berbahaya terutama saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Untuk memeriksa tekanan ban dapat dilakukan dengan melihat fisik ban atau melalui pengisian nitrogen di stasiun pengisian bahan bakar.

Oli atau Cairan Power Steering Berkurang

Jika ada kebocoran pada sistem power steering dan oli berkurang atau habis, maka setir mobil akan terasa berat saat diputar karena kurangnya pelumasan. Kondisi ini dapat mengurangi tekanan pada piston di pinion dan rack.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengisi ulang oli power steering sesuai kapasitas yang dibutuhkan.

Rack Kemudi Bermasalah

Rack kemudi adalah komponen krusial dalam sistem kemudi mobil. Kerusakan pada bagian ini biasanya terjadi pada kendaraan yang sudah tua dan menyebabkan rack kemudi menjadi aus. Hal ini dapat membuat kemudi menjadi berat dan mobil tidak nyaman dikendarai.

Penanganan terbaik adalah segera membawa mobil ke bengkel. Namun, jika masalah terjadi saat sedang berkendara, penting untuk segera mengurangi kecepatan demi keselamatan.

Belt Power Steering Bermasalah

Power steering mengandalkan komponen belt untuk mengatur putaran setir, memungkinkan pengendara untuk menggerakkan dan menghentikan setir sesuai kebutuhan. Jika belt mengalami kerusakan atau putus, kemudi akan terasa berat untuk diputar. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengganti belt dengan kualitas terbaik di bengkel terdekat.

Roda Depan Bermasalah

Penting untuk dicatat bahwa roda mobil memiliki kemiringan yang sedikit, tidak berada dalam posisi vertikal 0 derajat, yang mengakibatkan bagian bawah roda lebih menonjol daripada bagian atasnya. Sudut ini dikenal sebagai sudut chamber.

Front wheel alignment (FWA) atau spooring bertujuan untuk mengatur posisi roda depan. Dengan penyesuaian yang tepat, ini dapat membantu mengurangi kemudi yang berat. Anda dapat mengunjungi bengkel resmi untuk melakukan perawatan ini, sehingga sudut roda depan menjadi seimbang.

Pompa Oli Power Steering Macet

Jika pompa oli power steering mengalami penyumbatan, maka aliran oli ke komponen kemudi mobil dapat terhambat. Hal ini sering terjadi karena pemakaian pompa yang sudah terlalu lama. Penyumbatan ini bisa menyebabkan penurunan tekanan pada power steering, yang membuat setir mobil terasa berat saat dikendalikan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengganti pompa oli yang rusak dengan yang baru.

Komponen Long Tie Rod Aus

Setir mobil yang terasa berat bisa disebabkan oleh ausnya komponen tie rod. Tie rod merupakan bagian yang menghubungkan steering knuckle dengan rack steer. Kerusakan tie rod biasanya disebabkan oleh seringnya mobil melalui jalanan yang rusak. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan bantuan mekanik yang ahli untuk mengganti komponen yang rusak.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #setir #mobil #anda #terasa #berat #ketahui #penyebab #beserta #cara #mengatasinya #perlu #panik

KOMENTAR