Salah Lapak, Netizen Indonesia Mengira Shawn Mendes 'Wasit' di Laga Timnas
Netizen mengira Shawn Mendes adalah wasit di laga Timnas Indonesia vs Korsel. (Instagram)
15:48
26 April 2024

Salah Lapak, Netizen Indonesia Mengira Shawn Mendes 'Wasit' di Laga Timnas

Oknum suporter Timnas Indonesia baru-baru ini menyerbu akun Instagram Shawn Mendes. Mereka ternyata salah mengira bahwa Shawn Mendes adalah wasit pada laga Indonesia vs Korea Selatan di babak perempatfinal Piala Asia U-23.

Sebagai informasi, wasit yang memimpin pertandingan Timnas U-23 melawan Korsel bernama Shaun Evans. Wasit asal Australia ini banjir pujian karena keputusannya dinilai "menguntungkan" bagi Timnas Indonesia.

Tayangan pada VAR membuktikan bahwa wasit itu berlaku cukup adil. Kehebohan bermula saat sebuah akun fanspage Instagram sepak bola menautkan akun Shawn Mendes.

Tak sedikit netizen yang mengira bahwa Shawn Mendes adalah Shaun Evans. Nama depan yang cukup mirip dan akun bercentang biru membuat netizen "salah lapak" serta mengucapkan terima kasih di Instagram Shawn Mendes.

Sebagai catatan, Shawn Mendes sendiri adalah penyanyi sekaligus pencipta lagu berkebangsaan Kanada. Namanya melambung usai single yang berjudul "Stitches" dan "Treat You Better" meledak di pasaran beberapa tahun lalu.

Netizen mengira Shawn Mendes adalah wasit di laga Timnas Indonesia vs Korsel. (Instagram)Netizen mengira Shawn Mendes adalah wasit di laga Timnas Indonesia vs Korsel. (Instagram)

Perlu diketahui, wasit Shaun Evans menganulir gol pemain Korsel U-23 Lee Kang-Hee pada menit ke-8. Pada tayangan ulang, salah satu pemain Korea Selatan memang terekam dalam posisi offside.

Selanjutnya, sang wasit memberikan kartu merah kepada Lee Young-jun pada menit ke-70. Ia awalnya hanya memberikan kartu kuning usai pemain ini melanggar Justin Hubner. Namun setelah menyaksikan VAR, Shaun Evans langsung mengeluarkan kartu merah. Wasit ini turut memberikan kartu merah kepada pelatih Korsel karena protes secara berlebihan di menit ke-95.

Harapan suporter Timnas Indonesia bak sirna usai Justin Hubner menjadi penendang penalti ke-5 dan gagal melesakkan bola. Pemain Korsel berselebrasi karena mengira mereka unggul 5 vs 4 di babak tos-tosan.

Wasit Australia, Shaun Evans. (Dok. Socceroos)Wasit Australia, Shaun Evans. (Dok. Socceroos)

Wasit meminta penalti diulang mengingat dua kaki kiper Korsel sudah melewati garis sebelum bola ditendang. Untungnya, tendangan penalti Justin Hubner kedua masuk ke gawang Indonesia. Berkat "napas tambahan", Timnas Indonesia U-23 berhasil unggul dengan skor 11-10 di babak adu penalti pada Jumat (26/04/2024).

Netizen lantas mencari akun Instagram milik Shaun Evans. Sayang, sebagian di antaranya justru "salah lapak". Tak sedikit dari mereka malah berterima kasih ke Shawn Mendes.

"Thanks udah adil untuk Indonesia," tulis @a**4p*rn4

"Makasih mas bro sudah bertindak adil untuk Indonesia. Menyala abangku!" komentar @luq**nlat*f05.

"Salah orang woy (emoticon menangis)," balas @re**aku*ara.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #salah #lapak #netizen #indonesia #mengira #shawn #mendes #wasit #laga #timnas

KOMENTAR