Canggih Banget, Dokter Bedah di Brasil Lakukan Operasi Kenakan Apple Vision Pro
Dokter bedah di Brasil kenakan Apple Vision Pro untuk membantu prosedur operasi pasien. (9to5mac.com)
14:52
26 April 2024

Canggih Banget, Dokter Bedah di Brasil Lakukan Operasi Kenakan Apple Vision Pro

 
  - Apple meluncurkan headset kacamata pintar Vision Pro beberapa waktu lalu. Dan sejak peluncurannya, banyak yang terpesona dengan kecanggihan dan meyakini bahwa Apple Vision Pro akan membawa terobosan pada sektor lainnya,  termasuk penggunaannya di kalangan medis.  

  Sudah banyak juga beberapa contoh ahli bedah yang menggunakan headset Apple Vision Pro untuk membantu mereka selama prosedur medis. Kini seorang dokter ortopedi di Brasil telah menggunakan Vision Pro untuk berhasil mengoperasi pasien yang mengalami robekan rotator cuff.   Operasi artroskopi bahu dilakukan oleh dokter Bruno Gobbato di Rumah Sakit Jaraguá di Brasil. Gobbato memberi tahu MacMagazine tentang pengalaman menggunakan Apple Vision Pro untuk membantunya selama prosedur merawat pasien yang mengalami robekan rotator cuff, yaitu cedera yang sering kali disebabkan oleh keausan jaringan tendon yang progresif seiring berjalannya waktu.   “Operasi artroskopi bahu menggunakan kamera di dalam sendi dan ahli bedah melakukannya dengan melihat langsung ke layar. Dengan alat ini saya bisa melihat gambar seukuran layar film dengan resolusi tinggi, serta bisa melihat pemeriksaan pasien dan model 3D secara real time,” kata dokter tersebut.   Gobbato memuji rentang dinamis kamera di Apple Vision Pro. Menurutnya, salah satu kekhawatiran penggunaan headset selama operasi adalah karena cahaya terang yang digunakan di ruang operasi untuk menerangi tempat yang akan dioperasi, sehingga dapat mengakibatkan segala sesuatu di sekitar lampu sorot menjadi terlalu gelap.   Dia juga membagikan video di YouTube yang menunjukkan bagaimana dia dapat dengan mudah melihat catatannya, hasil rontgen pasien, dan kamera langsung secara bersamaan dengan Vision Pro. Beberapa tahun yang lalu, dokter yang sama telah menggunakan Microsoft HoloLens selama operasi.   Sebelumnya, Apple bulan lalu memang merinci bagaimana aplikasi Vision Pro dapat digunakan dengan operasi lutut dan pinggul yang dibantu robot. Seorang ahli bedah saraf Inggris kemudian memuji Vision Pro sebagai “game changer” setelah digunakan selama digunakan pada prosedur operasi tulang belakang.  

  Perlu dicatat bahwa Apple Vision Pro saat ini hanya tersedia di AS dengan harga mulai dari USD 3.499 atau berkisar Rp 56 jutaan. Apple diketahui berencana meluncurkan headset tersebut di lebih banyak negara pada akhir tahun ini. (*)  

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #canggih #banget #dokter #bedah #brasil #lakukan #operasi #kenakan #apple #vision

KOMENTAR