Bersihkan Mika Lampu Mobil dari Kusam dengan Bahan Sederhana
ILUSTRASI: Lampu mobil (Freepik)
11:08
26 April 2024

Bersihkan Mika Lampu Mobil dari Kusam dengan Bahan Sederhana

- Manfaatkan luang waktu di akhir pekan ada bagusnya untuk membuat mobil tetap berfungsi maksimal. Salah satu bagian mobil yang tidak kalah penting mika lampu mobil yang sering terlihat kusam.

Bila mika lampunya kusam, penerangan tidak akan maksimal selain itu terlihat kurang estetik. Perubahan warna pada mika lampu seperti kekuningan atau kekusaman, dapat mengganggu kinerja lampu saat berkendara.

Beberapa faktor seperti cuaca ekstrem, debu, hujan, polusi udara, dan umur kendaraan dapat menyebabkan kekusaman mika lampu. Bisa saja Anda membawa mobil ke salon perawatan untuk dibersihkan. Namun, hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tapi Anda juga bisa melakukannya sendiri, ini dapat membantu mengurangi warna kekuningan pada mika lampu kendaraan Anda.

Membersihkan kaca lampu yang kusam, ada beberapa bahan sederhana yang bisa Anda manfaatkan diantaranya:

Pasta Gigi

Siapkan air bersih, pasta gigi, serta lap microfiber. Balurkan pasta gigi dengan merata pada permukaan mika lampu. Biarkan terlebih dahulu selama beberapa menit. Lap menggunakan microfiber, lalu bilas menggunakan air bersih dan bersihkan kembali menggunakan microfiber.

Lotion Anti Nyamuk

Selain pasta gigi, Anda juga dapat menggunakan lotion anti nyamuk untuk membersihkan mika lampu yang kusam dan kekuningan. Bahan ini diklaim cukup ampuh untuk membersihkan mika lampu yang buram.

Anda hanya membutuhkan lotion anti nyamuk secukupnya dan lap microfiber. Banyaknya lotion yang dibutuhkan, tergantung dari luas area mika yang akan dibersihkan.

Amplas Paling Halus

Bahan lainnya yang dapat digunakan yaitu amplas yang paling halus. Caranya yaitu basahi amplas dan mika lampu menggunakan air bersih. Selanjutnya, amplas permukaan mika lampu dengan hari-hati.

Jangan sampai kena pada bodi mobil karena bisa menyebabkan catnya terkelupas. Setelah selesai digosok, Anda bisa membersihkannya menggunakan lap bersih dan halus.

Cuka

Cuka juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan kaca lampu yang sudah kusam. Anda bisa mencampurkannya 3 sendok dan cuka dengan 1 liter air. Sediakan juga 2 lap microfiber dan semprotan.

Campurkan air dan cuka ke dalam botol semprot, lalu semprotkan pada mika lampu. Gosok secara lembut menggunakan microfiber.

Compound

Compound berfungsi untuk menghilangkan oksidasi pada plastik, kaca, ataupun mika lampu mobil. Cara menggunakannya yaitu oleskan pada mobil dan gosok perlahan menggunakan kain halus secara vertikal (naik turun).

Cairan Pembersih Khusus

Bahan paling efektif untuk membersihkan mika lampu yang kusam yaitu menggunakan cairan pembersih khusus. Anda bisa mendapatkannya di tempat cuci mobil atau di toko aksesoris mobil.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih khusus pada permukaan yang ingin dibersihkan. Biarkan beberapa saat, lalu usap menggunakan microfiber halus.

 

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #bersihkan #mika #lampu #mobil #dari #kusam #dengan #bahan #sederhana

KOMENTAR