Pahami Penyebab Air Radiator Kendaraan Kotor, Dapat Menyebabkan Mesin Overheat
Air Radiator Mobil (Istimewa)
10:04
25 April 2024

Pahami Penyebab Air Radiator Kendaraan Kotor, Dapat Menyebabkan Mesin Overheat

Untuk mendapatkan mesin kendaraan yang prima saat digunakan, komponen harus dijaga keandalannya. Salah satunya, air Radiator yang merupakan komponen penting dalam suatu kendaraan. Fungsi dari Radiator ini merupakan komponen untuk pendingin mesin kendaraan.

Air Radiator yang kotor dapat menyebabkan kendaraan mudah overheat pada mesin. Mesin yang mengalami panas berlebih dapat mengakibatkan kerusakan serius pada komponen mesin dan transmisi.

Air Radiator yang tidak terawat dapat menyebabkan berbagai kerusakan, mulai dari kebocoran, penyumbatan, hingga kerusakan lainnya. Penting bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui cara merawat air radiator. Berikut penyebab dari kotornya Air Radiator:

Kebocoran Komponen Water Pump
Water pump merupakan komponen untuk memompa dan mensirkulasi air pada mesin. Apabila terjadi kebocoran pada komponen ini akan menyebabkan berkurangnya jumlah Air Radiator.

Komponen Berkarat
Penyebab lain Air Radiator kotor yaitu adanya komponen pendingin mesin yang mulai berkarat. Air yang ada di radiator akan bersirkulasi ke dalam mesin melalui water jacket.

Jika radiator atau komponen lainnya mulai berkarat maka dapat menyebabkan air radiator menjadi seperti lumpur berwarna kecoklatan.

Tutup Radiator Rusak
Salah satu penyebab air radiator menjadi kotor karena karet pada tutup radiator sudah melemah. Lemahnya tutup karet radiator menyebabkan air lebih cepat mengalir ke tabung cadangan bahkan sebelum katup tekanan terbuka.

Bahan Dasar Pembuatan Mesin Berbeda
Blok mesin pada mobil terdiri dari dua bahan berbeda, yaitu besi cor dan alumunium. Kendaraan tua atau diesel lebih banyak menggunakan material besi cor.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan air radiator pada kendaraan. Air Radiator dapat cepat berubah warna karena mengalami perubahan panas dan dingin secara cepat. Hal ini masih dalam tahap normal dan tidak perlu menjadi kekhawatiran.

Kebocoran Sirip Komponen Radiator Mobil
Kebocoran pada komponen sirip ini akan sulit terlihat karena mudah kering atau menguap sebelum air menetes. Hal ini menjadi salah satu faktor yang terjadi dari kebocoran air radiator.

Berdasarkan penjelasan di atas, merawat air radiator menjadi salah satu komponen penting dalam memelihara kendaraan. Setiap pemilik kendaraan wajib memastikan dan merawat secara rutin sistem pendingin kendaraan ini.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #pahami #penyebab #radiator #kendaraan #kotor #dapat #menyebabkan #mesin #overheat

KOMENTAR