Hak Siar Piala Dunia Antarklub 2025 Terancam Dimonopoli Apple, Nonton Bola Tak Akan Gratis
Ilustrasi Apple. Foto: CEO Apple Tim Cook diapit dua menteri, Menkominfo Budi Arie dan Menperin Agus Gumiwang usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (17/4/2024). [Suara.com/Novian]
07:16
24 April 2024

Hak Siar Piala Dunia Antarklub 2025 Terancam Dimonopoli Apple, Nonton Bola Tak Akan Gratis

Federasi sepak bola internasional FIFA dilaporkan hampir sepakat dengan Apple untuk menjadikannya sebagai sponsor Piala Dunia Antarklub 2025 yang berlangsung selama sebulan.

Menurut tiga orang yang mengetahui masalah itu, Apple sepakat menjadi sponsor turnamen FIFA Club World Cup 2024 dengan nilai 1 miliar Dolar AS atau sekitar Rp 16,2 triliun.

Angka ini memang lebih kecil dari target sponsor yang ditetapkan FIFA senilai 4 miliar Dolar AS atau Rp 64,8 triliun, sebagaimana dilaporkan Gadgets360, Selasa (23/4/2024).

Namun Apple bakal menjadi sponsor tunggal di turnamen sepak bola tingkat internasional tersebut, menjadikannya sebagai perusahaan pertama yang mendapatkan kontrak tunggal dari FIFA.

Menjadi sponsor FIFA tentu bakal menguntungkan Apple, khususnya untuk platform layanan streaming yang dikenal sebagai Apple TV+. Sebab perusahaan pembuat iPhone itu bakal mendapatkan hak siar dari turnamen Piala Dunia Antarklub 2025.

Kerja sama FIFA itu juga akan menambah pelanggan baru untuk platform Apple TV Plus tersebut.

Namun sebagian petinggi FIFA khawatir kalau kerja sama itu berbuah monopoli untuk Apple. Pasalnya, turnamen itu kemungkinan hanya disiarkan di platform Apple TV Plus.

Belum lagi para sponsor juga masih ragu-ragu untuk memberikan biaya 150 juta Dolar AS atau Rp 2,4 triliun untuk mendapatkan hak siar Piala Dunia Antarklub 2025.

Itu artinya para penonton harus membayar biaya langganan Apple TV+ karena aplikasi tersebut tidak bisa dinikmati sebelum berlangganan. Dengan demikian, mereka tak bisa menonton turnamen sepak bola itu secara gratis.

Sayang Apple dan FIFA menolak mengomentari rumor hak siar tersebut.

Untuk diketahui, harga langganan Apple TV+ di Indonesia dibanderol Rp 99.000 per bulan. Apple sebenarnya masih memberikan penawaran gratis untuk platform tersebut, namun ada syaratnya.

Mereka yang ingin Apple TV+ gratis harus membeli perangkat baru Apple dan mendapatkan uji coba selama tiga bulan. Apple juga masih menyediakan percobaan gratis selama tujuh hari, tapi harus dilanjutkan berlangganan.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #siar #piala #dunia #antarklub #2025 #terancam #dimonopoli #apple #nonton #bola #akan #gratis

KOMENTAR