Panik Foto Terhapus di iPhone? Tenang, Begini Cara Memulihkannya!
ilustrasi iPhone (pexels.com)
07:24
22 April 2024

Panik Foto Terhapus di iPhone? Tenang, Begini Cara Memulihkannya!

Terkadang pengguna tidak sengaja menghapus foto dari iPhone dan hal itu membuat sebagian besar pengguna panik. Namun untungnya, pengguna masih bisa memulihkan foto yang terhapus di iPhone dengan mudah.

Apple membuat fitur di iOS yang memungkinkan pengguna memulihkan foto yang terhapus. Aplikasi Photos secara khusus memiliki album bernama Recently Deleted. Ini menyimpan foto pengguna yang terhapus selama 30 hari, memberi pengguna waktu untuk memulihkannya sebelum hilang selamanya.

Jika pengguna menghapus foto yang ingin dipulihkan dalam 30 hari terakhir, ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkannya kembali:

  • Ketuk aplikasi Photos.
  • Buka tab Album, lalu klik opsi Recently Deleted.
  • Ketuk Select, kemudian pilih foto yang ingin disimpan, lalu pilih Recover.
  • Di menu pop-up, ketuk Recover Photo.

Setelah pengguna memulihkan foto, foto tersebut akan dikembalikan ke perpustakaan foto dan album lain tempat foto tersebut disimpan sebelum dihapus.

Ilustrasi Iphone. [Pixabay]Ilustrasi iPhone. [Pixabay]

Cara lain memulihkan foto yang dihapus di iPhone

Foto tetap berada di album Recently Deleted selama 30 hari sebelum terhapus dari ponsel selamanya. Jika pengguna melewatkan jangka waktu 30 hari tersebut, masih ada beberapa opsi untuk memulihkan foto yang terhapus. Meskipun tidak pasti, tetapi metode ini menawarkan cara potensial untuk memulihkan foto di iPhone.

Program foto desktop

Jika pengguna menyelaraskan foto dari iPhone ke program pengelolaan foto desktop seperti Photos di Mac, program tersebut mungkin memiliki salinan foto yang ingin pengguna dapatkan kembali. Jika pengguna menemukan foto di sana, tambahkan kembali ke iPhone dengan menyelaraskannya melalui iTunes, menambahkannya ke iCloud Photo Library atau mengirimkannya melalui email, lalu simpan ke aplikasi Photos iPhone.

Alat pemulihan data pihak ketiga

Beberapa program pihak ketiga memungkinkan pengguna menggali sistem file iPhone untuk menemukan file tersembunyi, menelusuri file terhapus yang masih ada, atau menelusuri cadangan lama. Karena banyaknya program seperti ini, sulit untuk menilai kualitasnya. Oleh karena itu, pengguna harus mencari yang tepercaya dengan membaca ulasan.

Itulah yang dapat pengguna lakukan untuk memulihkan foto yang terhapus di iPhone.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #panik #foto #terhapus #iphone #tenang #begini #cara #memulihkannya

KOMENTAR