Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar, Ini Kemungkinan Jadi Penyebab dan 10 Cara Untuk Mengatasinya
Ilustrasi mesin mobil. (Freepik).
08:56
18 April 2024

Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar, Ini Kemungkinan Jadi Penyebab dan 10 Cara Untuk Mengatasinya

Suara mesin mobil yang kasar bisa menjadi tanda-tanda masalah yang perlu segera diperhatikan oleh pemilik mobil. Tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara, tetapi juga bisa menjadi pertanda kerusakan serius dalam mesin.

Banyak faktor dapat menyebabkan suara kasar pada mesin mobil. Banyak yang menganggap suara semacam ini sebagai sesuatu yang wajar karena sudah terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena itu, bagian mesin akhirnya membutuhkan perbaikan.

Dilansir dari beberapa sumber, salah satu indikator bahwa mesin mobil terawat dengan baik adalah ketika suara tarikannya terdengar halus. Maka, jika terdengar kasar, penting untuk mencari tahu penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Kurangnya Pelumas (Oli) pada Mesin
Penting diingat bahwa kekurangan oli mesin tidak hanya akan menghasilkan suara mesin mobil yang kasar saat dipercepat atau merusak kompresor AC, tetapi juga dapat menimbulkan sejumlah masalah lainnya, apalagi jika oli berkualitas buruk.

Jika oli menipis atau dalam keadaan buruk, pelumasan mesin tidak berjalan dengan baik. Hal ini mengakibatkan terdengarnya suara kasar dari mesin saat mobil dinyalakan atau digunakan. Padahal, oli memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah gesekan berlebihan pada komponen mesin.

2. Kompresor AC Mobil yang Bermasalah
Jika terdengar suara kasar dari mesin mobil saat menginjak pedal gas, mungkin terdapat masalah dengan kompresor AC. Suara tersebut mungkin muncul saat mobil dinyalakan atau sudah berjalan.

Penyebab masalah ini bervariasi, seperti bagian kompresor yang mulai aus, kurangnya pelumas yang mendukung kinerja kompresor AC, atau keberadaan kotoran di dalam kompresor yang dapat menyebabkan penyumbatan.

3. Belt atau Sabuk Kendaraan Bermasalah
Belt atau sabuk kendaraan yang dimaksud di sini tidak sama dengan sabuk pengaman yang terdapat di kursi kabin. Ini tali kipas yang menghubungkan puli satu dengan puli lainnya, serta mengaitkan putaran kipas radiator dengan kompresor AC dan alternator.

Jika tali penghubung mengalami masalah, mobil akan menghasilkan suara kasar saat di gas. Masalah pada tali ini dapat bervariasi, mulai dari penyumbatan oleh kotoran, komponen yang kekeringan, atau ukuran tali yang tidak sesuai.

4. Bearing Mobil Rusak
Penyebab berikutnya berasal dari komponen bearing mobil. Ketika mengalami kerusakan, dapat menghasilkan suara mesin mobil kasar atau berisik.

Memperbaiki komponen yang bermasalah tergolong sulit dideteksi karena terdapat berbagai jenis, seperti water pump, tensioner, alternator, idler, dan kompresor. Perlu bantuan teknisi terampil untuk menentukan dengan pasti sumber masalah pada bearing.

5. Masalah pada Celah Katup Mesin
Penyebab terakhir dari suara kasar pada mesin mobil adalah kondisi celah katup mesin yang terlalu rapat atau terlalu longgar. Secara normal, komponen ini memiliki celah sekitar 0,2–0,3 mm.

Semakin sering mobil digunakan, celah pada katup mesin cenderung menjadi lebih longgar. Ketika batang katup bersentuhan dengan rocker arm, suara gesekan logam bisa terdengar.

Hal yang sama juga dapat terjadi jika celahnya terlalu rapat. Tekanan berlebih pada bagian katup bisa menghasilkan suara kasar yang mengganggu.

Setelah mengetahui penyebab mengapa suara mesin mobil kasar, berikut cara mengatasinya:

- Menggunakan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
- Menggunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh kendaraan dan berkualitas.
- Mengecek secara rutin volume oli mesin.
- Melakukan pemeriksaan rutin pada bagian luar mesin mobil.
- Menjaga kebersihan kompresor AC dengan memastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel.
- Melakukan pemeriksaan rutin terhadap dudukan komponen seperti dudukan transmisi, dudukan komponen lainnya, serta dudukan suspensi.
- Jika komponen seperti klep, shim, dan flange flywheel mengalami keausan atau kerusakan, segera gantilah dengan yang baru.
- Jika disebabkan oleh kerusakan pada pulley damper atau adanya benda asing masuk ke dalam silinder, lakukan tune up di bengkel terdekat.
- Jika masalah berasal dari engine knocking, lakukan tune up untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengubah bahan bakar menjadi yang memiliki oktan tinggi.
- Jika masalah terjadi pada celah katup karena kendaraan sudah tua, segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan penyetelan ulang.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #suara #mesin #mobil #terdengar #kasar #kemungkinan #jadi #penyebab #cara #untuk #mengatasinya

KOMENTAR