5 Cara Jitu Buat Tautan Profil WhatsApp, Bagikan Nomor dengan Mudah
Ilustrasi WhatsApp. (Shutterstock)
08:40
18 April 2024

5 Cara Jitu Buat Tautan Profil WhatsApp, Bagikan Nomor dengan Mudah

Setiap akun media sosial memiliki link atau tautan unik yang bisa dibagikan agar orang lain dapat terhubung dengan pengguna. Hal serupa juga dapat diterapkan di WhatsApp dengan membuat tautan profil WhatsApp.

Gunakan tautan profil untuk membagikan nomor akun WhatsApp pengguna kepada orang lain. Ketika penerima membuka tautan profil, orang tersebut akan langsung terhubung dengan pengguna di WhatsApp.

Berikut ini lima cara untuk membuat dan membagikan tautan profil WhatsApp:

1. Bagikan nomor telepon secara langsung

Akun WhatsApp tidak memiliki nama pengguna. Oleh karena itu, nomor telepon bertindak sebagai nama pengguna atau ID unik. Jika pengguna ingin terhubung dengan seseorang di WhatsApp, pengguna dapat membagikan nomor telepon dengan orang tersebut.

Biasanya, orang lain perlu menyimpan nomor telepon pengguna ke kontaknya sebelum mengirim pesan kepada pengguna, lalu buka aplikasi WhatsApp, ketuk tombol obrolan baru, dan temukan kontak pengguna. Namun, orang tersebut juga dapat mengirimi pengguna pesan tanpa menyimpan nomor teleponnya.

2. Buka tautan WhatsApp secara manual

WhatsApp memungkinkan pengguna membuat tautan unik untuk nomor telepon. Ini dimungkinkan menggunakan fitur Click-to-chat untuk mengobrol di WhatsApp.

Tautan unik tersebut adalah tautan profil WhatsApp pengguna dan pengguna harus membagikannya kepada orang lain sebelum orang itu dapat menghubungi pengguna.

Untuk membuat tautan profil pengguna, gunakan template https://wa.me/NomorWhatsApp, dengan bagian "NomorWhatsApp" diganti dengan nomor telepon pengguna dalam format internasional.

3. Buat tautan WhatsApp online

Jika pengguna tidak yakin untuk membuat tautan profil WhatsApp seperti yang ditunjukkan di atas, pengguna bisa membuat tautan WhatsApp online menggunakan alat pihak ketiga.

Cukup masukkan kode negara dan nomor telepon pengguna dan alat tersebut akan membuat tautan profil WhatsApp dalam hitungan detik. Pengguna juga dapat menambahkan pesan yang akan dilihat orang lain ketika pengguna menghubungi mereka.

Salah satu alat yang dapat digunakan adalah create.wa.link di browser. Cukup pilih negara dan masukkan nomor telepon pengguna. Alat akan menghasilkan tautan WhatsApp yang dapat disalin dan dibagikan.

Ilustrasi WhatsApp. [Pexel]Ilustrasi WhatsApp. [Pexel]

4. Buat tautan pendek di WhatsApp Business

Berbeda dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Business menawarkan fitur bawaan untuk menghasilkan tautan unik untuk nomor WhatsApp pengguna. Bagikan tautan singkat WhatsApp Business kepada orang lain agar mereka dapat terhubung dengan pengguna di WhatsApp.

Untuk melakukannya, buka aplikasi WhatsApp Business dan tiga titik di kanan atas. Kemudian klik Short link dan ketuk tombol Share link untuk mengirimkan tautan ke orang lain.

5. Bagikan kode QR WhatsApp

Pengguna dapat dengan mudah membuat, membagikan, dan memindai kode QR WhatsApp.

Untuk membagikan kode QR WhatsApp pengguna, buka aplikasi WhatsApp, ketuk ikon tiga titik di bagian atas, dan buka Settings.

Kemudian ketuk ikon kode QR di sebelah nama pengguna untuk melihat kode nomor WhatsApp pengguna di layar berikutnya. Ketuk Share code untuk mengirim kode QR ke orang lain melalui WhatsApp atau aplikasi lain.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan pengguna untuk membuat dan membagikan tautan profil WhatsApp.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #jitu #buat #tautan #profil #whatsapp #bagikan #nomor #dengan #mudah

KOMENTAR