Cara Mengganti Baterai iPad yang Mati
Ilustrasi iPad. (Pixabay/@niekverlaan)
11:00
16 April 2024

Cara Mengganti Baterai iPad yang Mati

Baterai iPad adalah komponen yang sangat penting. Tanpa baterai, iPad maupun perangkat elektronik apa pun tidak akan menyala. Baterai iPad umumnya memiliki masa pakai beberapa tahun, namun pada akhirnya daya yang dimilikinya akan berkurang dan perlu diisi ulang lebih sering.

Mengganti baterai di iPad tidak mudah karena Apple mendesain produknya dengan casing kokoh yang hanya bisa dibuka dengan usaha dan keterampilan. Berikut empat opsi untuk mengganti baterai iPad yang tidak dapat mengisi daya:

1. Penggantian baterai untuk iPad dalam garansi

Jika iPad masih dalam garansi aslinya atau pengguna membeli AppleCare yang masih berlaku, Apple akan mengganti baterai secara gratis. Namun, garansi tidak mencakup baterai yang mengalami keausan normal.

Jika garansi masih aktif, buka halaman dukungan perbaikan dan layanan iPad dan pilih opsi Get service.

Cadangkan data iPad sebelum menyerahkan iPad untuk menghindari kehilangan data.

2. Penggantian baterai untuk iPad dengan garansi kedaluwarsa

Jika iPad tidak bergaransi, Apple akan memperbaiki baterainya dengan biaya tertentu. Berapa biayanya tergantung pada modelnya. Untuk memulai perbaikan, mulai permintaan layanan di situs Apple atau kunjungi toko resmi Apple.

Meskipun pengguna harus membayar untuk penggantian baterai, itu adalah harga yang pantas agar iPad dapat berfungsi kembali. Oleh karena itu, pengguna harus mempertimbangkan biaya perbaikan atau biaya pembelian iPad baru. Jika iPad dengan baterai rusak sudah tua, mungkin lebih baik uang tersebut digunakan untuk biaya pembelian iPad baru.

Ilustrasi iPad. [Shutterstock]Ilustrasi iPad. [Shutterstock]

3. Penggantian baterai iPad di toko resmi

Beberapa toko memperbaiki layar dan baterai iPad. Toko ini bahkan dapat ditemukan di kios-kios di banyak mal dan mungkin mematok biaya lebih murah dibandingkan Apple.

Jika pengguna berencana menggunakan salah satu toko ini, carilah toko yang tepercaya. Toko yang tidak berpengalaman mungkin menyebabkan lebih banyak masalah daripada menyelesaikannya.

4. Penggantian baterai iPad sendiri

Pengguna dapat mengganti sendiri baterai iPad dengan alat dan keterampilan yang tepat. Jika pengguna memahami teknologi dan bersedia mengambil risiko, pengguna dapat mengganti baterainya sendiri.

Namun, memperbaiki iPad sendiri akan membatalkan garansi yang aktif. Jika iPad rusak, Apple tidak akan memperbaikinya.

Itulah yang dapat pengguna lakukan untuk mengganti baterai iPad yang mati.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mengganti #baterai #ipad #yang #mati

KOMENTAR