Cara Mudah Membersihkan dan Merawat Laptop dari Debu
Ilustrasi seseorang sedang mengetik di Laptop. (Sumber Foto: Pinterest/The Everygirl)
21:08
7 April 2024

Cara Mudah Membersihkan dan Merawat Laptop dari Debu

Merawat laptop tidak hanya dari software saja namun penampilan fisik juga dapat menjaga kinerja dan umur laptop.

Salah satu masalah yang sering terjadi yakni debu serta kotoran yang menumpuk di dalam dan di sekitar laptop dapat menyebabkan masalah seperti overheating, kerusakan keyboard, dan bahkan gangguan dalam sirkulasi udara yang dapat merusak komponen laptop.

Selain menarik debu dan kotoran dari udara sekitarnya, laptop juga menangkap noda dan minyak dari tangan saat digunakan.

Debu, noda, dan kotoran ini, jika dibiarkan menumpuk, dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Berikut adalah beberapa alasan mengapa membersihkan laptop sangat penting.

Debu dan kotoran dapat menyumbat ventilasi dan sirkulasi udara dalam laptop, yang dapat menyebabkan overheating, memperlambat kinerja, dan bahkan merusak komponen laptop secara permanen.

Laptop seringkali disentuh dengan tangan yang mungkin tidak selalu bersih, sehingga bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman.

Dengan merawat laptop secara rutin dan membersihkannya, dapat memperpanjang umur perangkat tersebut karena laptop yang bersih cenderung akan bertahan lebih lama.

Selain itu, penampilan laptop yang bersih dan bebas debu akan membuatnya terlihat lebih baik dan meningkatkan kesan profesional jika digunakan untuk keperluan pekerjaan.

Dikutip dari bnpjambi, Minggu (7/4) berikut langkah mudah bersihkan laptop dari debu, noda, dan kotoran.

Matikan laptop

Matikan dan lepaskan laptop dari sumber listrik untuk menghindari risiko sengatan listrik atau kerusakan saat membersihkan.

Gunakan kain mikrofiber

Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan seluruh bagian luar laptop, termasuk layar, keyboard, touchpad, dan bagian lainnya. Basahi kain mikrofiber dengan sedikit air atau alkohol untuk membersihkannya.

Pastikan membersihkan dengan lembut dan hindari memberikan tekanan berlebihan, terutama pada layar laptop.

Gunakan cotton bud

Bersihkan sela-sela tombol pada keyboard menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan ke dalam alkohol. Bersihkan juga lubang di sekitar laptop termasuk lubang ventilasi dan port, di mana debu sering menumpuk diarea tersebut.

Selain langkah-langkah dasar di atas, beberapa tips tambahan yang perlu dipertimbangkan saat membersihkan laptop adalah menggunakan kain mikrofiber daripada kain katun atau tisu, menghindari produk pembersih yang mengandung amonia atau pemutih, dan memastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan laptop.

Selalu hindari memberikan tekanan berlebihan pada laptop untuk menghindari kerusakan, dan selalu gunakan kedua tangan saat memegang laptop untuk mendistribusikan tekanan dengan merata.

Jangan pernah mengangkat laptop dari bagian layarnya, karena ini dapat merusak sambungan antara layar dan badan laptop.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #cara #mudah #membersihkan #merawat #laptop #dari #debu

KOMENTAR