BMKG: Waspadai Bibit Siklon Tropis 96S di NTT
Bibit Siklon Tropis 96S, terpantau di Laut Sawu pada Kamis (4/4/2024), bisa memicu cuaca ekstrem di NTT. [Dok TCWC Jakarta]
19:08
4 April 2024

BMKG: Waspadai Bibit Siklon Tropis 96S di NTT

Masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta mewaspadai Bibit Siklon Tropis 96S yang menyebabkan peningkatan curah hujan dan berdampak pada kejadian bencana, demikian disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG pada Kamis (4/4/2024).

NTT sendiri pernah diporakporandakan oleh Siklon Tropis Seroja pada April 2021 silam. BMKG sebelumnya mengatakan bahwa akibat perubahan iklim, potensi terjadinya siklon tropis di kawasan NTT akan semakin sering.

BMKG: Siklon Tropis Seroja Terkuat Kedua Setelah Kenanga

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang Sti Nenotek mengatakan Bibit Siklon Tropis 96S, yang bergerak dari utara NTT ke Laut Sawu,  menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan dan belokan angin, sehingga meningkatkan curah hujan intensitas sedang hingga lebat bahkan ekstrem di wilayah NTT.

"Daerah pusaran angin masuk atau Sirkulasi Siklonik yang berada di sebelah Utara NTT atau Laut Flores telah meningkat menjadi Bibit Siklon Tropis 96S dan saat ini terpantau di Laut Sawu," kata Sti Nenotek.

Bali terancam diterjang cuaca buruk karena ekor Siklon Tropis Seroja (Antara)Siklon Tropis Seroja yang melanda NTT pada April 2021. (Antara)

Bibit Siklon Tropis 96S itu dalam 24-48 jam ke depan bergerak perlahan ke arah Selatan-Barat Daya.

Menurut BMKG potensi menjadi Siklon Tropis dalam 24 jam ke depan atau hari Jumat masih rendah, sementara 48-72 jam ke depan atau hari Sabtu-Minggu berada pada kategori sedang-tinggi.  

Sti menerangkan seluruh wilayah kota dan kabupaten di NTT saat ini berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi dinamika atmosfer yang menunjukkan adanya aktivitas Gelombang Atmosfer yang melintasi wilayah NTT yakni Gelombang Equatorial Rossby dan Madden Julian Oscillation (MJO).  

"Lalu suhu muka laut di perairan NTT masih hangat serta didukung dengan kondisi atmosfer yang labil dan lembap mulai dari lapisan bawah hingga atas mempengaruhi pembentukan awan-awan konvektif yang dapat menyebabkan cuaca ekstrem," ucap Sti disitat dari Antara.

Siklon Tropis Seroja Mungkin Terjadi Tiap Tahun, Pemerintah Belum Siap

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem ini yang diprakirakan berlaku hingga 9 April mendatang. Sti mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kejadian bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Ia menyebut wilayah NTT juga berada pada masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau sehingga ada potensi angin kencang berdurasi singkat, puting beliung, serta hujan secara sporadis dalam durasi singkat yang bersifat lokal.

"Namun perlu diwaspadai dampak lainnya seperti pohon tumbang dan sambaran petir," kata dia mengingatkan.

Editor: Liberty Jemadu

Tag:  #bmkg #waspadai #bibit #siklon #tropis

KOMENTAR