Strategi 4 Operator Seluler Layani Pelanggan di Mudik Lebaran 2024: XL Axiata Hingga Indosat
Operator telekomunikasi seluler menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1445 Hjriah ini dengan berbagai langkah antisipatif mengingat selama arus mudik trafik komunikasi dan pemakaian data pelanggan melonjak tajam. 
14:24
4 April 2024

Strategi 4 Operator Seluler Layani Pelanggan di Mudik Lebaran 2024: XL Axiata Hingga Indosat

- Operator telekomunikasi seluler melakukan berbagai langkah antisipatif menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Biasanya, setiap libur Lebaran tiba, trafik komunikasi dan pemakaian data pelanggan melonjak tajam.

Selain itu, kebutuhan dukungan infrastruktur telekomunikasi yang seamless selama libur Lebaran juga bergeser dari semula berada di kota, bergeser ke pedesaan dan kota-kota kecil di daerah.

Berikut persiapan layanan empat operator telekomunikasi seluler mulai dari XL Axiata, Telkomsel, Smartfren dan Indosat menjelang Lebaran 2024:

1. XL Axiata:

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10 sampai 20 persen dibandingkan hari biasa.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, tantangan lainnya adalah berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata.

"Selain perlu menambah kapasitas, kami juga harus memiliki strategi rekayasa trafik yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi," ujarnya.

Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan.

Gede menyebut, trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5 persen di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa.

Trafik diprediksi akan terus meningkat mencapai antara 10 sampai 15 persen saat masuk di masa libur Lebaran, hingga puncaknya bisa mencapai sekitar 20 persen.

"Saat ini, di hari normal biasa, sebenarnya jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada," ujarnya.

Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap dinaikkan 2 – 3 kali lipat dari hari normal.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran.

Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata.

XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.

Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.

Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).

2. Telkomsel

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22 persen dibandingkan hari biasa 2024 pada libur Lebaran 2024 ini.

Hal itu terutama didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari online gaming sebesar 40,84 persen, communications 25,49 persen, video streaming 22,61 persen, social media 11,14 persen, sampai dengan e-commerce 9,17 persen.

Dibandingkan dengan momen RAFI tahun sebelumnya, Telkomsel pun memperkirakan kenaikan trafik mencapai 14,63 persen lebih tinggi, dengan payload tertinggi sebanyak 60,10 PB (Peta Byte) pada puncak RAFI tahun ini.

Vice President Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu, mengatakan, Telkomsel berkomitmen memastikan pengalaman digital pelanggan yang berkesan selama momen RAFI 2024 melalui kesiapan infrastruktur konektivitas broadband inovatif dengan jangkauan terluasnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen RAFI 2024, Telkomsel telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 444 titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia.

Titik keramaian tersebut mencakup 288 area khusus (pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya), 57 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, dan stasiun), 42 wilayah residensial, 38 jalur mudik (termasuk Rest Area dan SPBU), serta 19 kawasan ibadah (masjid dan rumah ibadah lainnya).

Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 244 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini yang mencakup hingga 97 persen wilayah populasi di Indonesia untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024.

3. Smartfren

Smartfren terus melakukan optimasi jaringan di seluruh wilayah operasionalnya, serta memberikan promo paket data di libur Lebaran 2024 ini.

Inisiatif ini diharapkan dapat mendukung pelanggan Smartfren dalam memanfaatkan internet untuk mempererat silaturahmi, berbagi, serta mengisi Ramadan dengan 100 persen kebaikan.

Smartfren fokus memperkuat dan melakukan optimasi jaringan antara lain di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menjadi tujuan utama mudik.

Optimasi juga dilakukan di berbagai wilayah operasional lain serta area-area yang menjadi jalur utama mudik. Tujuannya adalah memberikan pengalaman layanan telekomunikasi terbaik bagi pelanggan, yang pada cenderung meningkat konsumsi internetnya di masa Ramadan dan Idul Fitri.

Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren mengatakan, Smartfren juga terus berupaya memberikan produk yang relevan untuk seluruh kebutuhan digital masyarakat.

Paket Kuota Besar yang bisa menikmati dengan harga diskon adalah Kuota 500 GB seharga Rp500.000 menjadi Rp250.000; Kuota 300 GB seharga Rp300.000 menjadi Rp225.000; serta Kuota 200 GB seharga Rp200.000 menjadi Rp180.000.

Diskon ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan Smartfren dengan cara sangat mudah, cukup melakukan pembelian paket internet Kuota Besar tersebut langsung melalui aplikasi MySmartfren.

4. Indosat

Indosat telah komitmen untuk memastikan kenyamanan serta kemudahan komunikasi pelanggan dengan keluarga dan kerabat mulai dari perjalanan mudik hingga sampai di tujuan.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, mengatakan Indosat berupaya untuk mengoptimalkan jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi-lokasi prioritas.

Menurutnya optimalisasi ini juga didukung oleh jangkauan jaringan Indosat yang kian meluas hingga wilayah kecamatan dan desa.

"Kami juga menjamin pelanggan dengan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ bagi seluruh pelanggan," ujarnya.

Dengan ini pelanggan dapat menikmati pengalaman yang mengesankan dalam menggunakan layanan kami, khususnya dalam mendukung perayaan hari besar keagamaan di mana kami beroperasi," jelas Vikram, Rabu (3/4/2024).

Vikram mencatat mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idulfitri diprediksi mencapai 71,7 persen dari total penduduk Indonesia.
Ia memproyeksikan pergerakan massa ini akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17 persen dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024.

Vikram melihat dari tren tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung.

"Lonjakan trafik data tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat hingga game online," ujarnya.

Guna mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Vikram mengatakan Indosat akan meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32 persenlebih besar dibandingkan dengan rata-rata kapasitas harian.

Selain itu, kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum Lebaran juga diantisipasi dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS).

"Penambahan ini juga didukung oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas," ucap Vikram.

Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita. Ia melanjutkan Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 531 titik dan 64 jalur prioritas,

"Kami juga optimalkan di titik-titik seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun," jelasnya.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #strategi #operator #seluler #layani #pelanggan #mudik #lebaran #2024 #axiata #hingga #indosat

KOMENTAR