Viral Di Mana-mana, Kinerja Keuangan OpenAI Melesat Pesat
Ilustrasi: ChatGPT dari OpenAI. (Engadget).
08:20
15 Januari 2024

Viral Di Mana-mana, Kinerja Keuangan OpenAI Melesat Pesat

Sepanjang tahun 2023, tren kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) viral di mana-mana. Adopsinya juga sangat massif, tumbuh di berbagai platform baik yang skala enterprise sampai ke level konsumen di perangai smartphone saat ini.     Hal ini tidak lain karena munculnya ChatGPT oleh OpenAI, yang membuka gerbang baru pada adopsi AI ke skala yang lebih luas. Karena viral dimana-mana, hal ini juga berdampak positif bagi perusahaan yang digawangi oleh Sam Altman itu.   Laporan terbaru dari OpenAI mengungkapkan bahwa sistem AI generatifnya, ChatGPT, telah mengalami pertumbuhan pendapatan tahunan yang signifikan. Pendapatan tahunan OpenAI kini mencapai USD 1,6 miliar atau berkisar Rp 24,6 triliun lebih berkat ChatGPT. 

  Pada tahun 2022, OpenAI melaporkan pendapatan sederhana hanya sebesar USD 28 juta atau berkisar Rp 430 miliaran saja, membuat peningkatan berkali-kali lipat sejak peluncuran ChatGPT versi berbayar pada bulan Februari tahun ini. OpenAI juga telah mengalami pertumbuhan pendapatan yang signifikan, terutama dari langganan pengguna ke chatbot percakapannya.    Dilansir dari ITHome, data terbaru menunjukkan bahwa OpenAI dapat menghasilkan pendapatan setidaknya USD 130 juta atau berkisar Rp 2 triliun lebih per bulan. Seperti kita ketahui bersama, ChatGPT adalah alat AI generatif.    Teknologi tersebut dapat menjawab pertanyaan, menghasilkan teks, membuat konten, menghasilkan kode, memeriksa bug, dan mensimulasikan suara. Kemampuan ChatGPT terus berkembang.  

  Perlu disebutkan bahwa Bloomberg juga melaporkan beberapa hari yang lalu bahwa OpenAI sedang dalam diskusi awal mengenai putaran baru pembiayaan. Valuasinya akan “mencapai atau melampaui” USD 100 miliar. Menurut data dari firma riset pasar CB Insights, jika putaran pendanaan ini berjalan sesuai rencana, “kesayangan” di industri AI ini akan menjadi perusahaan rintisan paling berharga kedua di Amerika Serikat.    ChatGPT telah menjadi perbincangan di Silicon Valley, mampu melontarkan haiku dan melontarkan lelucon dalam bahasa Italia, antara lain. Platform ini telah menarik perhatian sebagai penyedia AI dan calon pesaing pencarian Google. Saat ini, ChatGPT memiliki lebih dari 180 juta pengguna.   Buat yang belum tahu, ChatGPT adalah chatbot mutakhir yang dikembangkan oleh OpenAI, sebuah perusahaan riset kecerdasan buatan. Hal ini didasarkan pada model bahasa besar yang dilatih dengan data teks, memungkinkannya merespons perintah seperti manusia.   

  Meskipun OpenAI awalnya beroperasi sebagai organisasi nirlaba, namun kini telah beralih ke model nirlaba untuk mempertahankan operasinya. Salah satu cara ChatGPT menghasilkan pendapatan adalah melalui pengenalan versi premium yang disebut ChatGPT Plus.    Ini menawarkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan versi gratisnya. Versi premium, menggunakan model ChatGPT-4.0 yang lebih canggih, tersedia melalui layanan berlangganan dengan harga USD 20 per bulan.   Selain itu, OpenAI menjual antarmuka pemrograman aplikasi (API) dengan basis berlangganan ke organisasi. Perusahaan juga telah meluncurkan ChatGPT versi korporat, yang dikenal sebagai ChatGPT Enterprise. Versi ini hadir dengan lebih banyak fitur dan perlindungan privasi, melayani pelanggan bisnis.  

  Pendapatan tahunan OpenAI diperkirakan akan terus tumbuh, dengan perusahaan memproyeksikan pendapatan sebesar USD 1 miliar pada tahun 2024 . Pertumbuhan ini merupakan bukti potensi teknologi AI dan meningkatnya permintaan akan solusi AI canggih di berbagai industri.    Pertumbuhan produk OpenAI yang kuat dan keberhasilan ChatGPT telah berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan perusahaan yang mengesankan, menjadikannya sebagai pemain utama dalam industri AI. Seiring dengan kemajuan teknologi AI, OpenAI berada pada posisi yang tepat untuk memanfaatkan meningkatnya permintaan akan solusi AI dan mempertahankan lintasan pertumbuhannya yang kuat.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #viral #mana #mana #kinerja #keuangan #openai #melesat #pesat

KOMENTAR