Alasan Google Berani Kasih Update OS 7 Tahun ke HP Pixel, Brand Lain Bisa?
Google Pixel 8 Pro. [Google Pixel]
07:40
2 April 2024

Alasan Google Berani Kasih Update OS 7 Tahun ke HP Pixel, Brand Lain Bisa?

Seri Google Pixel 8 dipastikan mendapat pembaruan sistem operasi (update OS) hingga tujuh tahun. Dengan demikian HP Google terbaru itu bisa mendapatkan fitur baru yang awet hingga aman dalam waktu lama.

VP of Devices & Services Software Google, Seang Chau akhirnya mengungkapkan bagaimana mereka bisa berkomitmen memberikan update OS lebih panjang ketimbang brand Android lainnya.

Ia menegaskan kalau kebijakan ini harus dilakukan dengan kerja sama bersama perusahaan lain seperti pemasok chip, pengembang software Android, hingga operator.

Ini Alasan Samsung kasih Update OS 7 Tahun ke Galaxy S24

"Mitra seperti pemasok chip, tim Android, dan bahkan operator harus mendapatkan informasi sejak awal untuk pengujian yang konsisten dan pembaruan lebih lancar," katanya, dikutip dari Gizmochina, Senin (1/4/2024).

Google sendiri memiliki produk chip bernama Tensor. Prosesor ini pun mampu mengoptimalkan banyak hal meskipun sudah dipakai dalam waktu lama.

Selain itu, peralihan ke program beta sepanjang tahun dan program Quarterly Platform Releases juga menjadi faktor utama. Dengan itu Google mendapatkan banyak masukan dari pengembang aplikasi untuk perangkatnya.

Tentara Israel Pakai Aplikasi Google Buat Tangkap Warga Palestina 

Artinya, fitur baru yang tadinya hanya tersedia untuk sistem operasi Android versi baru bisa dirilis bertahap oleh Google.

Kendati begitu Google mengakui kalau tidak semua fitur baru akan diluncurkan ke Pixel model lama. Mereka lebih memilih untuk merilis fitur baru yang sekiranya tidak membebankan HP lawas.

HP Google Pixel lama pun bakal tetap mendapatkan manfaat dari fitur baru apabila kondisinya masih memungkinkan.

Tapi perlu dicatat juga kalau Google Pixel tidak dijual secara resmi di Indonesia. Pengguna yang ingin menggunakan HP Google itu harus membelinya secara online atau dari luar negeri, dan mendaftarkan IMEI ke Bea Cukai.

Google memang bukan satu-satunya brand HP Android yang menjanjikan update OS hingga tujuh tahun. Samsung pun akhirnya mengikuti jejak Google lewat HP seri S alias premium (flagship).

Sedangkan brand HP lain rata-rata hanya berani memberikan update OS hingga empat tahun. Xiaomi 14 yang merupakan kelas flagship pun hanya memperoleh empat tahun pembaruan.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #alasan #google #berani #kasih #update #tahun #pixel #brand #lain #bisa

KOMENTAR