Mobil Listrik BYD Bakal Debut di Indonesia Pekan Depan, Luhut: Tidak Kalah dengan Tesla!
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok. JawaPos.com)
18:24
14 Januari 2024

Mobil Listrik BYD Bakal Debut di Indonesia Pekan Depan, Luhut: Tidak Kalah dengan Tesla!

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membenarkan soal kabar raksasa mobil listrik asal Tiongkok, Build Your Dreams atau BYD, akan segera masuk pasar di Indonesia pada pekan depan.   Menurut Luhut, hal tersebut merupakan kabar baik. Terlebih BYS secara kemampuan telah melampaui Tesla.   "Iya saya kira dengan BYD masuk, dia kan sekarang sudah melampaui Tesla, salesnya kualitas pun tidak kalah dengan Tesla. Mereka sekarang mau tanggal 18 ini launching dan itu akan bawa era baru Indonesia," kata Luhut dalam akun Instagram resminya, dikutip Minggu (14/1).  

  Lebih lanjut Luhut, mengatakan masuknya BYD ke Indonesia sekaligus mengukuhkan Indonesia sebagai bagian dari peta ekspansi bisnis jangka panjangnya. Tentunya, kesempatan ini juga dipergunakan untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia.   Terlebih, kata Luhut, masalah polusi Jakarta ini menjadi salah satu sebab untuk mempercepat EV di Indonesia, termasuk sepeda motor. Sebab kedua, Pemerintah akan segera memutuskan untuk menggunakan Euro 4 dan Euro 5 supaya sulfurnya rendah dan mengurangi polusi.   "Ya kalau polusi ini kan tidak ada pangkat tidak ada jabatan semua orang kena karena itu subsidi sekarang kesehatan gara-gara ini hampir 10 triliun lebih," tandasnya.  

  Untuk diketahui, raksasa mobil listrik asal Tiongkok, Build Your Dreams atau BYD dalam waktu dekat akan memperkenalkan beberapa produknya untuk pertama kali di Indonesia. Keseriusan produsen mobil asal Tiongkok ini dibuktikan dengan penentuan tanggal peluncuran produknya pekan depan, Kamis 18 Januari 2024.   Awal tahun ini akan menjadi debut bagi BYD untuk meramaikan pasar kendaraan penumpang di Indonesia, sekaligus mengukuhkan Indonesia sebagai bagian dari peta ekspansi bisnis jangka panjang global BYD.  

  BYD tak semata-mata meluncurkan produk, namun raksasa Tiongkok tersebut juga telah melakukan studi mengenai karakteristik pasar otomotif di Indonesia. Diantaranya melalui produk kendaraan komersialnya yang digunakan TransJakarta dan taksi Blue Bird.   Dengan begitu, BYD bisa mencoba berbagai medan jalan, cuaca, muatan, serta gaya mengemudi para driver di Indonesia. Disisi lain mobil yang akan diluncurkan pekan depan diyakini adalah mobil penumpang dengan tenaga listrik.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #mobil #listrik #bakal #debut #indonesia #pekan #depan #luhut #tidak #kalah #dengan #tesla

KOMENTAR