Jumlah Limbah Plastik Indonesia Tembus 3,2 Juta Ton Setahun
SVP Logistics Lazada Indonesia Adiputra Wiharja, Sustainability and ESG Lead Funding Societies Modalku Group Annette Aprilana, dan Marketing General Manager EIGER Jason Edward Wuysang dalam konferensi pers di Kantor Lazada, Jakarta, Rabu (27/3/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]
21:08
27 Maret 2024

Jumlah Limbah Plastik Indonesia Tembus 3,2 Juta Ton Setahun

Limbah plastik Indonesia ternyata sumbang 18,9 persen dari total 17,4 juta ton sampah tahunan sepanjang tahun 2023. Artinya, jumlah limbah sampah plastik Indonesia sudah mencapai 3,28 juta ton selama 2023.

Asisten Deputi Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan, Kementerian
Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) Sora Lokita mengatakan, UMKM dan e-commerce menjadi salah satu penyumbang sampah plastik di Indonesia.

Maka dari itu, dia mengarahkan para UMKM maupun e-commerce untuk mengutamakan praktik produksi yang ramah lingkungan demi ekonomi keberlanjutan.

"Peranan penting ini harus disertai dengan dukungan konkret dari para pemangku kebijakan, termasuk pemerintah dan platform e-commerce untuk memastikan UKM menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi sekaligus menjadi pelopor dan katalis penerapan aspek keberlanjutan dalam operasional bisnis," kata Sora dalam konferensi pers di Lazada di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Salah satu e-commerce Indonesia yang akhirnya melek lingkungan adalah Lazada. Lewat layanan pengantar Lazada Logistics, mereka telah menyediakan paket ramah lingkungan.

Lazada Logistics kini menggunakan kardus karton bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) serta kertas serut daur ulang. Bahan ini menggantikan plastik untuk pengiriman paket dari brand dan penjual yang tergabung dalam layanan Fulfillment by Lazada (FBL).  

SVP Logistics Lazada Indonesia, Adiputra Wiharja menjelaskan, pihaknya sadar bagaimana upaya berkelanjutan (sustainability) menjadi upaya kolektif di dalam ekosistem ekonomi.

"Karena itulah, Lazada tidak hanya berfokus pada upaya keberlanjutan di dalam perusahaan sendiri, namun juga mendorong para pelaku bisnis lainnya di dalam ekosistem Lazada untuk lebih memahami konsep keberlanjutan dan mengintegrasikannya ke dalam operasional bisnis yang tetap memberikan
keuntungan bagi pelaku bisnis," beber dia.

Berangkat dari sana, Adiputra menggelar Lazada Sustainability Academy Awards 2024. Ini adalah upaya mereka untuk memberikan apresiasi kepada para penjual di Lazada yang memiliki kepedulian serta mulai bertransformasi ke arah keberlanjutan di dalam operasional bisnis.

Adapun penjual Lazada pemenang LSA Awards 2024 yakni
• Berkah Wangi Parfum
• Al-Mubarokah Herbal
• GUDANG JEAN’S
• Chipa
• Damai Fashion

Adiputra berharap kalau Lazada Sustainability Academy Awards dapat menjadi katalis dalam pengadopsian model bisnis berkelanjutan bagi para penjual yang berjualan secara online. Sehingga itu bisa mengurangi limbah, melestarikan sumber daya, dan berkontribusi terhadap bumi yang lebih sehat.

"Melalui upaya kolektif dan transformasi di seluruh industri, kami membayangkan masa depan di mana eCommerce tidak hanya berkembang secara ekonomi namun juga memainkan peran penting dalam mencapai tujuan keberlanjutan secara global,” pungkasnya.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #jumlah #limbah #plastik #indonesia #tembus #juta #setahun

KOMENTAR