Apa Fungsi Mode Pesawat di HP, Lebih dari Sekadar Keamanan
Ilustrasi HP Android. [Pixabay]
14:40
27 Maret 2024

Apa Fungsi Mode Pesawat di HP, Lebih dari Sekadar Keamanan

Mode pesawat adalah fitur untuk memutus atau mematikan semua fitur HP (handphone), yang berpotensi menimbulkan gangguan pada sensor dan perangkat pengukuran lainnya dalam pesawat.

Baik di HP Android maupun iPhone memiliki mode pesawat yang bisa diaktifkap pengguna. Namun apa itu mode pesawat dan apa saja manfaatnya.

Saat mode pesawat diaktifkan, beberapa koneksi di HP akan dimatikan, seperti koneksi seluler, WiFi, dan Bluetooth. Fitur ini berguna terutama saat kamu naik pesawat karena memastikan bahwa perangkat tidak mengganggu sistem pesawat terbang.

Mode pesawat pada HP memiliki beberapa fungsi yang berguna dalam berbagai situasi. Berikut fungsi mode pesawat di HP yang tim Suara.com rangkum untuk kamu.

Fungsi Mode Pesawat di HP

  • Menghemat Baterai: Saat HP dalam mode pesawat, aktivitas penggunaan HP menurun. Ini membuat daya tahan baterai lebih terjaga dan pengisian daya menjadi lebih cepat karena tak ada aplikasi yang berjalan.
  • Mengurangi Paparan Radiasi EMF: Mode pesawat mematikan semua gelombang radio dari HP, termasuk jaringan seluler, WiFi, Bluetooth, dan GPS. Ini bermanfaat untuk mengurangi paparan radiasi elektromagnetik.
  • Mode Keselamatan di Pesawat: Saat bepergian menggunakan pesawat, mode pesawat mematikan fitur jaringan seluler dan data internet, sehingga tidak mengganggu sistem di pesawat terbang. Kamu tetap bisa mengaktifkan fitur secara manual jika diperlukan.
  • Menyegarkan Jaringan: Mode pesawat dapat digunakan untuk menyegarkan jaringan seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth. Aktifkan mode pesawat sejenak, lalu matikan kembali untuk memperbaiki masalah sambungan.
  • Memperpanjang Siklus Pemakaian Harian: Mode pesawat menghemat daya baterai karena mematikan fitur nirkabel. Cocok untuk perangkat dengan siklus pemakaian panjang.
  • Menjaga Privasi: Meskipun bukan fungsi utama, mode pesawat dapat membantu menjaga privasi dengan memutuskan koneksi nirkabel yang rentan terhadap penyadapan.
  • Mengurangi Gangguan: Mode pesawat dapat digunakan untuk menghindari interupsi dari panggilan telepon, pesan teks, dan notifikasi. Ini berguna saat kamu sedang berada dalam situasi yang membutuhkan fokus, seperti rapat, presentasi, atau belajar.

Mode pesawat adalah fitur serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Memahami fungsinya secara menyeluruh memungkinkan kamu memanfaatkannya secara maksimal dalam berbagai situasi.

Jadi, selain untuk keamanan penerbangan, mode pesawat memiliki manfaat lain sesuai kebutuhan baik di HP Android maupun iPhone.

Kontributor : Pasha Aiga Wilkins

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #fungsi #mode #pesawat #lebih #dari #sekadar #keamanan

KOMENTAR