Apple Gandeng Google dan OpenAI Buat Garap iPhone AI Pesaing Samsung
Ilustrasi seri iPhone 15 (apple.com)
06:24
19 Maret 2024

Apple Gandeng Google dan OpenAI Buat Garap iPhone AI Pesaing Samsung

Apple sudah mengumumkan ambisinya untuk membuat iPhone dengan fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) layaknya Samsung Galaxy S24. Untuk mewujudkannya, Apple bakal menggandeng Google hingga OpenAI demi teknologi AI generatif itu.

Hal ini diungkap oleh Mark Gurman yang merupakan jurnalis Bloomberg sekaligus pemerhati Apple. Seorang narasumber yang mengetahui info itu mengatakan Apple bakal mengintegrasikan produk Gemini, chatbot AI buatan Google, ke iPhone generasi baru.

"Apple sedang dalam pembicaraan untuk membangun mesin AI Gemini Google ke dalam iPhone," katanya, dikutip dari Gadgets360, Senin (18/3/2024).

Apabila kesepakatan itu berhasil, Apple bisa melisensikan model Gemini untuk membangun kemampuan dan fitur baru di iPhone terbarunya.

Selain itu, fitur AI langsung ditanamkan dalam perangkat, bukan berbasis cloud layaknya aplikasi Gemini untuk Android.

Itu berarti, meskipun model dasar dibangun lewat Google, Apple bisa mengembangkannya untuk mengerjakan tugas tertentu dan menambahkan fungsionalitas baru di sistem operasi iOS.

Disebutkan pula kalau pembicaraan itu masih dalam tahap awal karena Google juga sudah berdiskusi dengan OpenAI soal teknologi AI generatif.

Nah fitur AI ini akan diumumkan dalam peluncuran iOS 18 di acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada Juni mendatang.

Adapun alasan Apple menggunakan teknologi AI dari pihak ketiga karena teknologi mereka saat ini masih kalah jauh. Perusahaan sudah bekerja sama dengan para peneliti untuk mengembangkan mesin AI yang disebut MM1. Namun Apple dan peneliti masih perlu menyempurnakan arsitekturnya.

Sebelumnya Gurman juga mengatakan kalau fitur AI iPhone ini bisa mengoptimalkan beberapa fungsi. Untuk asisten pintar Siri misalnya, Ai bisa meningkatkan pemrosesan bahasa alaminya serta menjalankan tugas yang lebih kompleks.

Kemudian di aplikasi Apple Music, di mana AI bisa dimanfaatkan untuk membuat playlist sesuai minat pengguna.

Di sisi lain, Samsung menjadi produsen HP pertama yang mengintegrasikan AI generatif di produknya. Mereka meluncurkannya lewat seri Samsung Galaxy S24 yang hadir awal 2024 kemarin.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #apple #gandeng #google #openai #buat #garap #iphone #pesaing #samsung

KOMENTAR